BWSS II: Keterlibatan Masyarakat Pada Proses AMDAL dan Ijin Lingkungan

oleh

GORONTALO FN News -Masyarakat harus tahu dan di libatkan setiap kegiatan pembangunan berpengaruh pada lingkungan.

“Dasar hukumnya sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.17 tahun 2012 merupakan Dasar Hukum,” ujar Wempy Wily Waroka, ST Kepala Seksi OP SDA Sulawesi II mewakili Kepala Balai menyampaikan Rencana Kegiatan Pembangunan Long Storage Bulia atau embung Bulila di Aula Kantor Desa Huyula Kecamatan Mootingalo, (9/8).

Wempy menerangkan, kegiatan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai rencana kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan dan masyarakat dapat menyampaikan saran, pendapat atau tanggapan atas rencana kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan.

“Dan masyarakat juga dapat terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan rekomendasi kelayakan atau ketidaklayakan atas rencana kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan,” terang Wempy.

Rencana kegiatan pembangunan embung bulia ini lanjut Wempy, sudah sejak lama direncanakan namun Daerah Irigasi Bulia ini belum menjadi skala Priotas. Alhamdulillah katanya, tahun ini rencana pembangunan long storage bulia sudah masuk pada tahapan Study Dampak Lingkungan. adapun lokasi pembangunannya berada di desa Huyula Kecamatan Mootilngo Kabupaten Gorontalo.

“Potensinya nanti dapat mengairi lahan irigasi baru kurang lebih 800Ha dan peningkatan suplesi Daerah Irigasi Bulia 1.200 Ha,” katanya.

Ditambahkannya, sasaran dari kegiatan tersebut, adalah tersusunya Dokumen Lingkungan Hidup berupa analisis mengenai dampak lingkungan Pembangunan Long Storage Bulia sebagai bagian dari tahapan Justifikasi pelaksanaan Konstruksi.

“Sehingga terwujud suatu pembangunan yang berwawasan lingkungan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku sejak dari tahapan persiapan (Pra Konstruksi) sampai dengan Fungsional (Paska Konstruksi),” terang Wempy.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *