Dandim 0825 Banyuwangi Secara Simbolis Menyalurkan Zakat Fitrah Keluarga Besar Kodim Banyuwangi

Forumnusantaranews.com. Dandim 0825 Banyuwangi secara simbolis menyalurkan zakat fitrah keluarga besar Kodim 0825 Banyuwangi Tahun 1440 H. /2019 M. di  Masjid A. Yani Kodim 0825 Banyuwangi jalan R.A. Kartini no. 2 Lingkungan Ujung Kelurahan Kepatihan Banyuwangi. Senin,03/06/2019.

Kegiatan penyerahan zakat fitrah yang diserahkan secara simbolis oleh Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto di Masjid A. Yani Kodim 0825 Banyuwangi tersebut dilanjutkan dengan pendistribusian oleh pengurus Takmir Masjid A. Yani Kodim 0825 Banyuwangi kepada warga  yang berhak mendapatkan zakat fitrah, disekitar Makodim 0825 Banyuwangi.

Idul Fitri 1440 H tinggal sehari lagi, ada kewajiban yang harus dilakukan umat muslim menjelang Idul Fitri yaitu bayar zakat fitrah, Zakat Fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap orang Islam pada saat menjelang Idul Fitri yang wajib bagi setiap orang Islam, untuk dirinya sendiri dan untuk orang-orang yang berada dalam tanggungannya.

Keluarga besar Kodim 0825 Banyuwangi mengumpulkan zakat fitrah bagi dirinya maupun keluarganya di Kodim 0825 Banyuwangi, Zakat yang terkumpul akan didistribusikan kepada para penerima zakat.

Kegiatan pendistribusian zakat pertama dilaksanakan di Masjid A. Yani oleh Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto kepada warga sekitar yang berhak menerima zakat fitrah, dalam penyerahan zakat fitrah tersebut, Kodim 0825 Banyuwangi sebanyak 848 kantong, per kantong isi 2,8 Kg.

Menurut Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto menuturkan,” kita sebagai umat beragama wajib bersyukur atas anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada kita semua. Sebagai sesama umat, sudah sepantasnya kita saling berbagi dan merasakan, bagi yang mampu sudah menjadikan kewajibannya untuk membayar zakat.

“Saya harapkan bagi umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh jangan lupa membayar zakat, karena zakat merupakan salah satu rukun islam ke 4 kewajiban bagi umat Islam sebagai kepatuhan kepada Allah, Kegiatan yang dilaksanakan sekarang ini adalah kegiatan rutin setiap tahun, semoga zakat fitrah dari Kodim ini barokah untuk kita semua, amin,”tuturnya.

Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto juga menambahkan, bahwa kegiatan pembagian zakat fitrah ini merupakan wujud kebersamaan dan kepedulian antara TNI dengan rakyat.

“Jangan dilihat dari bentuk maupun isinya, karena ini adalah bentuk kebersamaan TNI dengan rakyat, kami Prajurit dan PNS Kodim 0825 Banyuwangi karena membagikan zakat fitrah merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam. Selain itu, pembagian zakat fitrah itu juga menjadi ajang silaturrahmi yang baik dan menjaga kedekatan TNI dengan rakyat,” imbuhnya.(Amin/Pendim)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *