Dit Samapta Polda Banten Sambang Dialogis Cegah Paham Radikalisme

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Dit Samapta Polda Banten melaksanakan penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi Radikalisme dan anti pancasila

BANTEN, FN.Com – Ancaman bahaya radikalisme negatif yang berujung aksi terorisme akhir-akhir ini semakin marak di Tanah Air. Paham radikal yang ada pada setiap individu teroris adalah suatu bentuk keyakinan untuk mempertahankan atau mengubah sistem suatu bangsa.

Munculnya radikalisme tidak terlepas dari adanya polarisasi keberagamaan yang menimbulkan sentimen berwujud anti budaya dan tafsir sempit atas doktrin, ideologi ataupun teologi. Radikalisme di Indonesia terjadi, karena banyak kelompok masyarakat yang gagal mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme yang berbasis pluralitas. Sebagai sebuah paham, radikalisme akan mudah mempengaruhi karakter generasi muda, ketika nilai-nilai yang diyakini itu dicantumkan atau disisipkan dalam pelajaran sekolah.

Hal itu diungkapkan Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir, Msi melalui Dir Samapta Polda Banten Kombes Pol Jondrial saat memerintahkan 14 Personil Dit Samapta Polda Banten melaksanakan penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi Radikalisme dan anti pancasila dengan lokasi sasaran Kp. Kejaban Desa Kepandean Kec. Ciruas Kab. Serang Prov. Banten dan Perumahan Citra Gading Kota Serang Prov. Banten, jumar (11/01/2019).

Dengan usaha dan kegiatan pembinaan masyarakat yang dilakukan Dit Samapta Polda Banten ini semoga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kesadaran hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dit Samapta Polda Banten melakukan pendekatan kepada masyarakat secara sosial dan hubungan mutualisme, agar masyarakat tidak terpengaruh paham Radikalisme dan Anti Pancasila, ujar Kombes Pol Jondrial.

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi, SIK, MH membenarkan kegiatan tersebut kepada awak media. Personil Dit Samapta Polda Banten melaksanakan patroli dialogis dengan mengendarai kendaraan bermotor R2 melalui rute dari Mako Polda Banten menuju Kp. Kejaban Desa Kepandean Kec. Ciruas Kab. Serang Prov. Banten dan Perumahan Citra Gading Kota Serang Prov. Banten, dalam keadaan aman dilanjutkan dialog dengan warga Kp. Kejaban Desa Kepandean Kec. Ciruas Kab. Serang Prov. Banten dan Perumahan Citra Gading Kota Serang Prov. Banten terkait keberadaan organisasi yang berpaham radikal dan Anti Pancasila.

Selanjutnya, Personil Dit Samapta Polda Banten juga menghimbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh jika ada orang dari suatu organisasi yang menyebarkan faham radikalisme dan anti Pancasila.

Setelah melakukan sambang dan patroli, Personil Dit Samapta Polda Banten melaksanakan kegiatan ibadah shalat ashar secara berjamaah di Masjid Baitussolihin (Perumahan Citra Gading Kota Serang Prov. Banten) selanjutnya berdialog dengan pengurus masjid tersebut. Untuk situasi saat ini tidak ditemukan adanya orang / organisasi yang sedang menyebarkan faham Radikalisme dan anti Pancasila.

Mengingat Toleransi dan rasa hormat merupakan dua kata yang amat penting, yang harus diingat dalam suatu masyarakat yang multi religius. Seseorang tidak boleh hanya mengkhotbahkan sikap tenggang rasa, tetapi harus berusaha, pada setiap kesempatan yang memungkinkan untuk selalu melaksanakan semangat keramahan, toleransi, sebab semangat itu akan amat membantu menciptakan suasana yang mengarah pada kehidupan damai dan serasi.

Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi juga menyampaikan bahwa rasa hormat menimbulkan rasa hormat pula. Jika kita mengharap pemeluk agama lain menghormati ibadah agama kita, maka pada gilirannya kita juga tidak boleh ragu-ragu untuk menunjukkan rasa hormat kepada mereka pada saat mereka melakukan ibadah mereka. Tanpa melaksanakan semangat toleransi dan saling menghormati, maka racun diskriminasi, ejekan, dan kebencian yang berbahaya itu akan menyembur menghancurkan kedamaian dan ketentraman masyarakat dan negara kita, terang AKBP Edy Sumardi.

(D.M/MB-BP)


Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *