Fadel Muhammad Didaulat Nakhodai INKOPKAR

oleh

GORONTALO FN News – Kesuksesan Fadel Muhammad dalam mengangkat Provinsi Gorontalo diawal berpisahnya dari Sulawesi Utara selama dua periode, ternyata menjadi acuan Perwakilan koperasi primer yang menjadi anggota Inkopkar untukmemilih Fadel Muhammad sebagai Ketua umum baru Induk Koperasi Karyawan (Inkopkar).

Rapat Anggota untuk memilih pengurus baru yang dilaksanakan di Wisma YTKI, (16/4), juga memutuskan sejumlah tokoh untuk mendampingi Fadel dalam kepengurusan Inkopkar Periode 2018-2022. Mantan Ketua Badan Pengelola Pusat Informasi Perkoperasian (BP-PIP) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) sekaligus pemred Majalah PIP dipercaya sebagai Sekretaris. Kemudian ada tokoh pemuda koperasi Imam Fathurrokhmin dan arsitek Anton Panji. Dalam rapat tersebut juga hadir anggota pimpinan paripurna Dekopin Andi Firman Rappa yang dipercaya sebagai Ketua Dewan Pengawas.

Fadel yang pernah memimpin Kementrian Kelautan dan Perikanan di era Presiden SBY ini diharapkan dapat mendorong perkembangan kopkar-kopkar yang menjadi anggota Inkopkar.

Di pundak Pengusaha nasional dan tokoh politik Partai Golkar ini diamanahkan dapat memperjuangkan agar Perpres Nomor 20/2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing dicabut atau direvisi sehingga investasi yang masuk dapat didorong mengutamakan penggunaan tenaga kerja lokal dalam operasinya.

Koperasi karyawan (Kopkar) merupakan sebuah koperasi yang beranggotakan para karyawan dari perusahaan tertentu. Usahanya bisa simpan-pinjam atau pembiayaan, pemasaran atau ritel yang menyediakan kebutuhan anggota juga jasa lainnya yang diperlukan anggota maupun perusahaan. Bila kopkarnya berjalan baik, selain bisa memperoleh barang dan jasa yang berkualitas dengan harga, anggota juga akan memperoleh bagian sisa hasil usaha sesuai jumlah simpanan dan partisipasi ekonomi sebagai anggota koperasi.