HIKMATNYA PERINGATAN MAULID NABI DI SMPN I PURWOSARI

oleh

dsc_0002627Bojonegoro, FN : Acara peringatan Maulid Nabi Mohammad SAW dan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun ke 33 yang diselenggarakan oleh SMPN I Purwosari, Bojonegoro Jatim Sabtu,8.00 wib 15/12/2016 berlangsung cukup hikmat,dimeriahkan juga, disela sela acara tersebut bersama kelompok Hadra Sholawat Nabi oleh Siswa-siswa kreatif SMPN I Purwosari.Bertempat di halaman depan Sekolah SMPN I Purwosari, dihadiri tidak kurang dari 1000 undangan, terdiri dari unsur wali murid 864 orang, undangan kehormatan 250 orang.Di dalamnya adalah dari jajaran Muspika Kecamatan Purwosari.

Ketua Panitia H.Achmad Hadi S.Ag dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh para undangan yang hadir, dan kepada semua pihak yang mendukung atas suksesnya terselenggaranya acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang pada tahun ini dipercayakan oleh Kepala Sekolah Joko Sutrisno dan Dewan guru kepadanya,” Karena tanpa adanya dukungan semua pihak kesuksesan acara ini mustahil dicapai, juga mohon maaf atas segala kekurangan, apabila masih ada yang kurang memuaskan untuk para tamu undangan yang hadir.Karena kami menyadari, tentu juga bapak bapak ibu ibu memahami manusia tidak ada yang sempurna.Kesempurnaan hanyalah ada pada diri beliau yakni Rasulullah SAW.”

Dijelaskan pula olehnya, sebelumnya acara diselenggarakan dirangkai dengan berbagai macam kegiatan yang bernafaskan islam, diadakan lomba baca tulis Alqur’an dan pembacaan sholawat Nabi, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah dan berterima kasih kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, karena atas perjuangan beliaulah umat islam dimuliakan di dunia ini.

Acara berikutnya, sambutan Kepala Sekolah dan Pembagian Hadiah terhadap siswa siswi yang meraih juara lomba, dipimpin langsung oleh Joko Sutrisno.

Acara inti menghadirkan KH.Mashuri Bajad untuk menyampaikan Hikmah Maulid Nabi, dalam ceramahnya, lebih luas dijelaskan oleh KH.Mashuri Bajad mengingatkan pentingnya Peringatan Maulid Nabi, untuk mengenang jasa jasa beliau untuk semua mahluk hidup di dunia, beliau membawa bendera Rahmatan Lil Alamin, artinya segala perubahan, bisa dinikmati dari segala sector kehidupan.

Dalam ceramahnya, beliau memetik isi kandungan Al –Qur’an dijelaskan dalam QS. Al-Ahzaab: 21 “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu uswatun hasanah (suri teladan yang baik) bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

“ Beliau (Rasulullah) sebaik-baiknya mahluk yang bisa dijadikan suri tauladan untuk segenap umat manusia di dunia ini, apabila manusia bias meniru prilaku beliau dijamin tentram hidupnya dan khosnol khotimah .”Ungkapnya dalam petikan ceramahnya.

dsc_0002629Setelah KH.Mashuri Bajad mengakhiri ceramahnya, sambutan dari Kapolsek Purwosari AKP. Susilo Teguh Priyono.Kemudian sebagai pungkasan acara, pembacaan doa oleh H.Moh.Shaleh dan Hadiah wasilah  Surat Alfatiha kepada Almarhum mantan ketiga Kepala Sekolah SMPN I Purwosari Abu Hasan Rifa’ei, BA. Seno, dan Ali.

“ Hadiah Wasilah Fatiha atau kirim doa kepada ketiga Almarhum rutin dilakukan setiap mengadakan acara apa saja di sekolah ini, sebagai bentuk penghormatan kepada ketiga Almarhum yang telah berjasa dalam pengembangan SMPN I Purwosari.”Kata Abd.Aziz Pembimbing siswa Pendidikan Extra Kurikuler,Akomodasi dan Fotografer setiap kegiatan Sekolah.(AJAS)