Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Komisi I Deprov Gorontalo Minta Tim Penegasan Batas Wilayah Provinsi Segera Buat Rekomendasi

Komisi I Deprov Gorontalo Minta Tim Penegasan Batas Wilayah Provinsi Segera Buat Rekomendasi

(32 Views) Oktober 8, 2019 12:30 am | Published by | No comment

GORONTALO FN News – Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo meminta Tim Penegasan Batas Wilayah Provinsi Gorontalo agar segera membuat rekomendasi terkait batas wilayah khususnya antara Provinsi Gorontalo dengan Provinsi Sulawesi Tengah yang ada di Kecamatan Tolinggula.

“Rekomendasi ini nantinya akan menjadi acuan bagi Tim Penegasan Wilayah di tingkat Nasional,” kata Ketua Komisi I, Dr. AW Thalib.

Politisi PPP ini menegaskan, rekomendasi tersebut akan meyakinkan pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Dalam Negeri. Apalagi didalamnya ada fakta dan dokumen lengkap.

“Ini akan memperkuat kita untuk meyakinkan Kementerian Dalam Negeri mulai dari keadaaan sosiologis, historisnya dan juga administrasi pemerintahan,” jelasnya.

AW menuturkan, bila melihat pada Keputusan Menteri Dalam Negeri 1592, akan sangat merugikan Provinsi Gorontalo.

“Kalo berdasarkan Kepmen tersebut, kita akan kehilangan lima ribu sampai tujuh ribuan hektar wilayah,” ujarnya.

Padahal lanjut AW secara defacto itu menjadi haknya provinsi Gorontalo.

Masyarakat disanapun secara turun menurun telah berKTP Gorontalo, fasilitas yang digunakan menggunakan APBD dan APBN Gorontalo.

“Masyarakat disana sudah merasa nyaman menjadi penduduk Provinsi Gorontalo, mereka menerima pelayanan juga dari intansi yang ada wilayah kita,” ungkap AW.

Olehnya lanjut AW Thalib, Komisi I akan terus mendorong dan mengawal proses tersebut termasuk juga meyakinkan pemerintah pusat bahwa wilayah tersebut merupakan bagian dari Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo.

Sementara itu Anggota Komisi I lainnya menyampaikan, seharusnya batas wilayah ini menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Gorontalo disamping melaksanakan program-program lainnya.

“Pada awal Gorontalo menjadi Provinsi, seharusnya ini juga menjadi fokus dan perhatian pemerintah Provinsi, sehingga hal ini tidak menjadi berlarut-larut,” tegas Adhan.

Hadir juga pada rapat kerja tersebut, selain dari tim penegasan batas wilayah Gorontalo Utara dan Provinsi gorontalo juga dihadiri langsung Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu.


Categorised in:

No comment for Komisi I Deprov Gorontalo Minta Tim Penegasan Batas Wilayah Provinsi Segera Buat Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *