KSEI Sosialisasikan Pemanfaatan Fasilitas AKSes di Gorontalo

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

GORONTALO FN News- Untuk meningkatkan pemanfaatan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) yang merupakqn fasilitas perlindungan Investor Pasar Modal Indonesia, serta memberikan informasi terbaru tentang pengembangan infrastruktur, PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi di Provinsi Gorontalo.

“Fasilitas AKSes kami sediakan agar investor dapat memantau langsung portofolio investasinya pada lembaga yang memang diberikan mandat untuk menyimpan data portofolio investor sesuai Undang-Undang Pasar Modal. Jadi, ibaratnya investor itu memiliki akses langsung untuk melihat investasinya di sistem kami,” jelas Kepala Unit Pengelolaan Efek KSEI, Fitriyah, (7/5).

Fitriyah mengatakan, menurut data KSEI per akhir maret 2018, saat ini Provinsi Gorontalo menempati urutan ke -31 jumlah investor terbanyak dari 34 provinsi di indonesia, dengan jumlah investornya sebanyak 885. Sebanyak 728 investor berdomisili di Kota Gorontalo. “Adapun jumlah investor di pasar modal indonesia hingga akhir maret 2018, telah mencapai sekitar 1.216.278 investor, yang mencakup investor pemilik Efek, Reksa Dana dan Surat Berharga yang diterbitkan Bank Indonesia,” imbuh Fitriyah.

Ditambahkannya, diharapkan sosialisasi dan edukasi ini dapat meningkatkan kesadaran investor untuk senantiasa memanfaatkqn fasilitas AKSes untuk mencegah penyalahgunaan wewenang dari pihak tidak bertanggung jawab.

Saat ini lanjut Fitriyah, jumlah investor yang memanfaatkan fasilitas AKSes masih 12 %. “Salah satu solusi atas hal tersebut, saat ini KSEI tengah mengembangkan fasilitaa AKSesmenjadi AKSes Next Generation (AKSes Next-G) dengan fitur-fitur yang semakin menarik dan semakin mudah digunakan,” pungkasnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *