Menu Click to open Menus
Home » Lintas Peristiwa » Lakukan Pendinginan Kebakaran, Danramil : Karhutla Terjadi Dilahan “Tidur”.

Lakukan Pendinginan Kebakaran, Danramil : Karhutla Terjadi Dilahan “Tidur”.

(57 Views) September 11, 2019 3:55 pm | Published by | No comment

reporter : mha

Kampar, Riau|FNNews – Wilayah Koramil 16/TPG umumnya Desa Karya Indah Kec. Tapung khususnya sangat dekat dengan Kota Pekanbaru dan sangat rentan dengan kebakaran lahan.

Daerah ini masih banyak lahan tidur yang belum diolah karena jenisnya gambut ataupun karena st.atus yang belum jelas alias sengketa, sehingga lahan menjadi semak belukar dan banyak bekas pohon kayu dan rumput yang mati menjadi kering dan menjadi bahan yang mudah terbakar.

Koramil 16/ Tapung mempunyai 2 Tim dibentuk oleh Danramil untuk di tempatkan di 2 (dua) Desa yang rawan yaitu Desa Karya Indah Kec.Tapung dan Desa Kota Garo Kec. Tapung Hilir.

Rutin, Tim Khusus ini melakukan berbagai upaya Mitigasi dimulai dari pemadaman, pendinginan, dan sosialisasi. Bahkan melakukan upaya penyelidikan dengan meminta keterangan masyarakat yang berada di lokasi saat terjadinya Karhutla serta berkoordinasi dengan Polsek Tapung untuk pengusutan lebih lanjut.

Kegiatan hari ini (11/09), Tim 2 Subsatgas 6 Koramil 16 Tapung langsung dipimpin oleh Danramil 16/Tapung Kapt.Inf.Taufik Sihombing dan Dantim 2 Pelda Ketut saat melaksanaan pendinginan dilingkungan RT 05 RW 05 Desa Karya Indah Kec. Tapung Kab. Kampar.

Koordinat giat tersebut berada di Koordinat 0° 34 ’40”. 101 °34 ’40”, diketahui lokasi ini bergambut dan berjarak dari Makoramil sejauh 60 Km.

Danramil 16/TPG menyebutkan, “sudah 2 hari dilakukan pendinginan, adapun kendalanya adalah perlengkapan sarana dan prasarana yang dapat diatasi dengan mencari solusinya.” jelas Taufik Sihombing di Sela-sela kegiatan pendinginan.

Dibeberkannya, “Kami juga langsung meminta perjanjian agar masyarakat menjaga lahannya dan bagi masyarakat yang hobi memancing untuk membuat pernyataan menjaga kawasan Daerah Aliran Sungai Siak dari Karhutla, hal ini sangat efektif meskipun belum semua masyarakat yang mengetahuinya.” tegas Danramil.


Categorised in:

No comment for Lakukan Pendinginan Kebakaran, Danramil : Karhutla Terjadi Dilahan “Tidur”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *