Masa Tua Henry J Gunawan Bakal Dihabiskan Di Pengabnya Terali Besi

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Henry Jocosity Gunawan alias Cen Liang/dok. Ist

SURABAYA (FN news.com) — Vonis Dua (2) tahun Enam (6) bulan yang dijatuhkan pengadilan Negeri Surabaya pada terdakwa Henry J Gunawan, dipastikan dapat menghabiskan masa tuanya dalam pengabnya terali besi Lembaga pemasyarakatan (LP).

Vonis tersebut menambah deretan daftar hitam kejahatan masif yang dilakukan oleh owner dari bos PT. Gala Bumi Perkasa itu.

Setelah dijatuhi hukuman dua tahun penjara oleh Pengadilan Tinggi Jawatimur karena melakukan tindak pidana tipu gelap. Henry, kembali harus menelan pil pahit, sebab ia kembali divonis penjara selama 2 tahun 6 bulan dengan perkara yang sama.

” Mengadili, menyatakan perbuatan terdakwa Henry J Gunawan terbukti secara sah meyakinkan telah melakukan tindak pidana penipuan, menjatuhkan pidana selama 2 tahun 6 bulan, ” Ucap Ketua Majelis Hakim Rokhmat, membacakan amar putusannya, Kamis (4/10/18).

Putusan yang dijatuhkan majelis hakim itu adalah tindak lanjut atas laporan 12 orang pedagang pasar Turi Surabaya, yang telah mengalami kerugian mencapi Rp. 500 Juta.

Modus Henry melancarkan aksinya, adalah dengan menjanjikan kepemilikan kios berupa strata title pada para pedagang pasar Turi, padahal menurut Majelis Hakim, yang berhak menerbitkan strata title adalah kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Dalam laporan pedagang, Henry dilaporkan karena memungut Bea Perolehan Hak atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB) atas kios pedagang Pasar Turi Surabaya.

Sementara sampai saat ini, para pedagang belum menerima sertifikat hak milik yang dijanjikan oleh terdakwa

Perbuatan Henry dinilai hakim telah memenuhi unsur menguntungkan diri sendiri dengan rangkain kebohongan atau kata-kata bohong sesuai pasal 378 KUHP, tentang penipuan.

Sedangan untuk vonis 2 tahun yang dijatuhkan oleh Pengadilan Tinggi Jawatimur, adalah tindak lanjut atas laporan yang dilakukan oleh Notaris Carolin C Kalampung.

Putusan itu diketahui digedok oleh tiga hakim yakni, Heri Sukarno beranggotakan Agus Sutarno dan Dr E.D Pattinsarani.

Ditingkat pertama, oleh Pengadilan Negeri Surabaya, Henry hanya dijatuhi hukuman 8 bulan dengan masa percobaan selama 1 tahun, atas putusan itu Henry lalu melakukan upaya hukum banding.

Bukannya meringankan, putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Jawatimur malah Menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara kepada Henry Gunawan.@ [Ahay]


Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *