Menu Click to open Menus
Home » Hukrim » Ngaku kerabat sultan Brunai, dua lelaki ini berhasil gasak puluhan juta

Ngaku kerabat sultan Brunai, dua lelaki ini berhasil gasak puluhan juta

(545 Views) November 6, 2017 6:32 pm | Published by | No comment

Sri Firdaus dan Jonson alias Sultan saleh saat jalani sidang di PN Surabaya 06/11.dok Junaedi. Forumnusantara

SURABAYA – (FN), Sri Firdaus dan Jonson Alias Sultan Saleh, terdakwa kasus penipuan itu hanya tertunduk saat mereka mendengar keterangan dari dua orang korban yang dihadirkan sebagai saksi di Pengadilan Negeri PN Surabaya, Senin, 05/11/17.

Dua orang korban sekaligus saksi yang di hadirkan Jaksa Penuntut Umum JPU I Putu Karmawan itu ialah Siti Zubaidah (53) dan Anindiyah (20),mereka berdua adalah Ibu dan anak.

Dalam keterangannya, dua korban dukun abal – abal itu mengatakan mengalami kerugian sekitar 25 Juta.

” Antara 25 juta, Terdakwa mengaku bisa menghilangkan santet ” ujar Zubaidah

Dijelaskan dalam isi surat dakwaan, terdakwa Sri Firdaus dan Jonson alias Sultan Saleh, telah berencana untuk melakukan penipuan dan penggelapan sewaktu mereka berada di salah satu villa yang ada di teretes, Pandaan Jawa Timur.

Untuk memuluskan aksinya, mereka kemudian berangkat dari villa tersebut menuju Marvel City Surabaya dengan menggunakan mobil online yang dikemudikan oleh Irwansyah.

Ketika di dalam mall tersebut terdakwa JONSON melihat korban Siti Zubaidah bersama dengan putrinya Anindiya yang saat itu sedang berjalan-jalan.

Terdakwa kemudian dihampiri oleh Jonson yang mengaku berasal dari Brunai Darussalam dan merupakan salah satu kerabat dari Kesultanan Brunai, Jonson lalu mengaku bahwa dirinya bisa mengobati orang sakit, baik medis ataupun non medis.asalkan dengan syarat si pasien jujur dan mau membeli telur ayam.

Selain itu, Jonson juga mengaku memiliki barang antik berupa batu merah delima, ia mengaku mendapat wangsit dari almarhum kakeknya agar batu merah Delima itu disimpan disalah satu musium yang ada di tanah Jawa.

Ia lalu bertanya kepada kepada Siti Zubaidah apakah tahu tempat penyimpanan barang antik, sebelum dijawab oleh korban, saat itulah terdakwa Sri Firdaus menjalankan perannya dengan berpura-pura lewat di depan korban dan menjawab tahu akan keberadaan musium yang dimaksud, yaitu sebuah musium yang ada di Sidoarjo.

Setelah terjalin komunikasi, Jonson mengatakan bahwa korban terkena santet, untuk mengeluarkan santet tersebut korban memerlukan media berupa telur ayam.

Jonson kemudian menyuruh Sri Firdaus yang tak lain adalah rekannya sendiri untuk membeli telur ayam, ternyata telur ayam tersebut sudah dipersiapkan oleh terdakwa dengan mengisi Jarum emas didalamnya.

Melihat ada jarum didalam telur, korban percaya dengan kata-kata terdakwa kalau dirinya terkena santet, korban juga percaya kalau terdakwa adalah paranormal sakti.

Korban yang sudah terbuai dengan kata-kata terdakwa Akirnya menuruti semu kemauan terdakwa, termasuk memberikan kartu ATM beserta PIN nya.

Total 7 ATM yang diserahkan korban pada terdakwa serta menguras habis isi dari ATM tersebut.

Setelah melakukan aksinya, terdakwa kembali ke villa diteretes, lalu melarikan diri ke pulau Bali.

Petugas Kepolisian yang sudah mengendus keberadaan terdakwa, melakukan pengejaran dan berhasil membekuk terdakwa dihotel Luxio.

Atas perbuatannya, kedua terdakwa dijerat dengan dakwaan melanggar pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman 4 tahun hukuman penjara.@junaedi


Related Post

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Ngaku kerabat sultan Brunai, dua lelaki ini berhasil gasak puluhan juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *