Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi Gelar ” Pencarian Dan Pertolongan “Search and Rescue” (SAR).Selat Bali.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Forumnusantaranews.com
Latihan Pencarian dan  Pertolongan “Search and Rescue” (SAR) Selat Bali 2019,  Di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi menjadi lokasi gladi simulasi penyelamatan kecelakaan laut, Mereka akan menyelamatkan penumpang kapal yang terjebak kebakaran di tengah laut.

Dalam apel kesiapan    Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S, H, Danlantamal V  Surabaya  melihat langsung kesiapan pelaku dan material yang digelar dari gabungan Lanal Banyuwangi, Tim medis dari RSUD, Polres, Basarnas, Polairud Banyuwangi dan Gilimanuk dan stakeholder Maritim lainnya yg tergabung dalam latihan sebagai wujud sinergitas dalam integral latihan SAR yang digelar hari ini, Minggu (24/11/19).

Selesai apel dilanjutkan kegiatan manuvre lapangan yang melibatkan unsur laut ( Kal Bawean dan Tabuhan, Pesud Cassa dan helikopter Lanudal Juandan, Kapal Basarnas, KPLP, Polairud, Bea Cukai dan unsur lainnya) . Diskenariokan KMP Trisula Bhakti II.

Dalam fungsinya, simulasi ini terjadinya  bencana dan musibah yang terjadi dengan tampa di duga sehingga di perlukan kesiapan dalam menanganinya, untuk meningkatkan kemapuan unsur unsur TNI laut dan instasi -instasi terkait.

Pelaksanaan Simulasi Diskenariokan  oleh KMP Trisula Bhakti II yang melayani rute penyeberangan Selat Bali mengalami troble mesin sehingga terjadi karam sampai tenggelam  mengakibatkan korban jiwa.

Penyelamatan  dilakukan  seluruh potensi pelaksanan misi SAR berjalan secara efektif dan efisien meningkatkan kemampuan tujuan  unsur unsur TNI Laut.
Koarmada II dalam tugas penyelamatan untuk mengurangi memperkecil dampak di laut baik porsonal maupun material  penangulangan kecelakaan di laut sehingga dapat dilakukan   kemampuan operasi mampu menjalankan tugas SAR  laut sesuai tugas pokok SAR di laut”

Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S, H, Danlantamal V  Surabaya Sebagai “CHRMP” Wadirlat Latsar Selat Bali
mengatakan,” bahwa latihan pencarian dan pertolongan “Search and Rescue” adalah latihan penanganan dan pertolongan pertama maupun pencarian pada kecelakaan di laut yang melibatkan unsur SAR Angkatan Laut, TNI AD, Polri, Basarnas serta stakeholder yang ada di Banyuwangi serta Gilimanuk Jembrana Bali, Latihan ini dilakukan secara besar-besaran, yaitu dengan melibatkan sejumlah personel satuan di Banyuwangi.

Saat akan terjadi kecelakaan dari prediksi itu yang kita pilih paling tepat dilaksanakan di selat Bali dan kecelakaan itu pun bisa timbul yang pertama itu dari kapal itu sendiri dari peralatan atau yuman eror misalnya  pengikatan kendaraan di kapal, jumlah muatan, kemudian bisa juga di sebabkan oleh cuaca dimana selat bali  arusnya sangat kuat gelombangnya kadang kadang tinggi itu yang menimbulkan kenapa selat bali di pilih untuk latihan SAR, dan kita libatkan kapal very seakan akan terjadi suatu kecelakaan, dan bagaimana penangannya  secara terpadu antara unsur unsur SAR di wilayah banyuwangi dengan TNI angkatan Laut,” tuturnya.

(amin)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *