Pemerataan dan Penataan Jumlah Guru Masih Terjadi Kesenjangan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

GORONTALO FN News – Masalah pendidikan saat ini perlu dipikirkan solusinya yaitu tentang pemerataan dan penataan jumlah guru yang masih terjadi kesenjangan.

“Khususnya antara jumlah guru yang berada di daerah kota dengan daerah desa bahkan di daerah terpencil. Ironisnya, di daerah desa atau di daerah terpencil masih banyak sekolah yang masih kekurangan guru. Tak jarang satu guru harus mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Padahal, itu tidak diperbolehkan karena menyangkut tentang keprofesionalan sebagai guru. Tetapi tidak dapat disalahkan juga, mungkin itu terjadi karena keadaan yang menuntut mereka seperti itu. Berbanding terbalik dengan keadaan sekolah di kota, lebih dari 50% sekolah di kota justru kelebihan guru,” urai anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, Hi. Yeyen Sidiki, SE, (2/5).

Selain itu menurut Srikandi Partai Golkar ini, masih adanya penumpukan guru di sekolah-sekolah kota padahal sekolah lain justru kekurangan guru. Tetapi kita tidak dapat menyalahkan pemerintah sepenuhnya tentang masalah ini toh pemerintah sudah berupaya. Banyak faktor yang menyebabkan penumpukan guru di kota, mungkin salah satu faktornya yaitu dari guru dan pemerintah itu sendiri.

“Kebanyakan guru memilih mengajar di kota karena fasilitasnya lebih lengkap, strategis secara letaknya dibanding dengan sekolah yang ada di daerah desa atau terpencil selain fasilitas kurang dan letaknya kurang strategis,” tuturnya.

Menurut aleg Partai Golkar ini, upaya yang dilakukan pemerintah ini berhasil bukan hanya dari pemerintah pusat saja, tetapi harus ada peran pemerintah daerah yang ikut mendukung upaya pemerintah itu.

“Tidak lupa  faktor terpenting yang punya peran besar juga dalam upaya ini yaitu para tenaga pendidik (guru). Upaya pemerintah yang memungkinkan para guru dapat berpindah antar daerah ini sepertinya belum menggugah hati guru yang masih ingin mengajar di kota untuk mengajar di daerah kota atau daerah terpencil,” tandas Yeyen.