Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Sosialisasi 4 Pilar, Cara Mewujudkan Harmonisasi Sosial Dalam Masyarakat Multikultural

Sosialisasi 4 Pilar, Cara Mewujudkan Harmonisasi Sosial Dalam Masyarakat Multikultural

(916 Views) Agustus 28, 2018 7:00 am | Published by | No comment

PALU FN News – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan perbedaan suku, budaya, agama, bahasa, kebiasaan, adat istiadat dan karakteristik lainnya yang berbeda-beda. Hal tersebut membentuk masyarakat Indonesia bersifat majemuk dan sangat beragam.

“Keberagaman budaya dalam masyarakat sering menjadi pendorong terjadinya konflik yang dapat menyebabkan ketidakharmonisan dalam masyarakat itu sendiri,”Ungkap Senator DPD RI, Dr. Shaleh Muhamad Aldjufri, Lc., MA, pada Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bertempat di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kalangkangan, Desa Kalangkangan, Kecamatan Galang, Toli-toli, Sulawesi Tengah, (21/7).

Menurutnya, cara mewujudkan harmonisasi sosial dalam masyarakat multikultural adalah dengan beberapa cara yang harus diterapkan oleh masyarakat Indonesia yaitu membudakayakan sikap toleransi, saling menghargai dan memahami perbedaan yang ada di masyarakat, berpikir kritis dan sistematis terhadap perbedaan yang ada merupakan kekayaan yang dimiliki Indonesia, melaksanakan pendidikan multikultural terhadap masyarakat untuk mewujudkan harmoni sosial, memahami bahwa manusia sebagai makhluk sosial saling membutuhkan satu sama lain, serta tidak mudah terpancing dengan adanya provokasi yang dapat memicu konflik.

Dikatakannya, Ketimpangan sosial yang masih dirasakan saat ini memiliki dampak yang positif yaitu mendorong daerah tertinggal untuk mengembangkan pembangunannya. Tidak bisa secepat membalikan telapak tangan agar pembangunan tiap daerah itu sama, tapi pemerintah telah berupaya untuk mempercepat pembangunan di daerah.

“Terdapat beberapa upaya pemerintah dalam percepatan pertumbuhan di daerah, salah satunya menciptakan wirausaha secara massal, dengan membantu usaha mikro, kecil dan menengah di setiap daerah misalnya dan pemberdayaan kelompok masyarakat,” tandasnya.


Categorised in:

No comment for Sosialisasi 4 Pilar, Cara Mewujudkan Harmonisasi Sosial Dalam Masyarakat Multikultural

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *