Tidak Nyaman Dengan Kehadiran Aparat Bersenjata,Masyarakat Pulau Birandang Kirim Surat Ke Presiden

oleh


KAMPAR, FORUMNUSANTARANESW.COM| Kehadiran aparat bersenjata lengkap dilokasi sengketa lahan antara masyarakat Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, dengan PT Surya Palma Sejahtera (SPS) yang sudah berlangsung lama hingga saat ini masih belum terselesaikan.

Permasalahan ini pernah di musyawarahkan di kantor DPRD Kabupaten Kampar pada akhir 2017 lalu, dengan hasil Dewan mengeluarkan rekomendasi ke Pemkab Kampar untuk penyelesaian sengketa lahan ini, namun hingga saat ini belum ada langkah nyata dari Pemkab Kampar.

“Kehadiran beberapa orang oknum Kepolisian (Brimob) bersenjata laras panjang dan beberapa orang bodyguard dari PT SPS di kawasan lahan yang disengketakan (100 Ha) satu bulan belakangan ini membuat masyarakat cemas serta ketakutan untuk memanen Sawit mereka,” ujar salah seorang warga Pulau Birandang, Putra Petebe menuturkan, Rabu (23/5/2018).

Dikatakan Putra Petebe, mewakili masyarakat Desa Pulau Birandang, dirinya telah mengirimkan Surat Terbuka kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian. Surat tersebut, lanjutnya, berisi permohonan perlindungan atas adanya oknum aparat yang dikerahkan oleh PT SPS.

“Anggota Polisi dari Brimob ini menggunakan senjata laras panjang yang di dampingi pihak PT SPS, mereka ingin merampas tanah kebun kami,” ungkap Putra.

“Besar harapan kami dari Persatuan Masyarakat Desa Pulau Birandang untuk mendapatkan perlindungan dari bapak Presiden dan Kapolri,” sambungnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Pulau Birandang, M Rais (47) yang juga Petani yang memiliki kebun di lahan tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya sudah dua kali mengajukan untuk audiensi dengan Pemda Kampar namun hingga saat ini tak ada tanggapan.

“Kami masyarakat berharap kepada Pemda Kampar agar bisa serius menyelesaikan permasalahan ini sebelum terjadi hal – hal yang tidak kita ingini dan masyarakat menjadi korban nantinya,” tandasnya.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *