Tingkatkan Pengetahuan Pengamat Pos Hidrologi, BWSS II Gelar Pelatihan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

GORONTALO FN News – “Maka Pelatihan penjaga pos hidrologi dan kualitas air ini, kita di tuntut agar mampu mengelola sumber daya air yang dalam hal ini, kita dapat meminimalkan dampak yang akan terjadi bila dalam pengelolaan hidrologi kita tidak dapat mengelolanya dengan baik dan tepat waktu,” cetus Isnaen Muhidin, ST, MT,pada  kegiatan Pelatihan Penjaga Pos Hidrologi dan Kualitas Air oleh Balai Wilayah Sungai SUlawesi II, (27/2).

Menurut Isnaen, pengelolaan hidrologi bertujuan agar data dan informasi hidrologi, duga air, curah hujan, iklim, air permukaan dan air tanah dapat disajikan secara akurat, tepat waktu, dan berkelanjutan. ”

“Pengamatan, pengukuran dan pengumpulan data dan jaringan pos/bangunan hidrologi dilakukan sesuai pedoman, standard dan prosedur yang berlaku secara nasional maupun international, ujarnya.

Isnaen mengharapkan kepada 72 peserta pelatihan, dapat lebih meningkatkan pengetahuan para pengamat pos hidrologi yang akan dijadikan dasar untuk menghasilkan konsep rencana publikasi data hidrologi yang berguna dan bermanfaat dalam pengembangan pembangunan sumber daya daya air di Provinsi Gorontalo.

Sebelum Ketua Panitia pelaksana, Rahmad Datu Nurhamidin menjelaskan, para peserta terdiri dari, pengamat pos duga air, pengamat pos curah hujan, pengamat pos klimatologi, dan pengamat pos pemantauan air tanah.

“para narasumber adalah dari Sub direktorat Hidrologi dan lingkungan sumber daya air, Direktorat Bina penatagunaan Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Rosandi Affandi , BE, dan dari Balai Hidrologi dan Tata Air, Puslitbang Sumber Daya Air Bandung, yakni Isnan Fauzan Akrom, ST, MP SDA, serta Agung Kusnendar, STP,” jelas Rahmad.