TPS 3R Jungcangcang Pamekasan,Kelola Sampah Rumah Tangga Sebanyak 622

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

 

Ketua TPS 3R saatdilokasipengolahansaatdilokasipengol

 

PAMEKASAN, FNnews.- Dua Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R di Jawa Timur pada tahun 2017 sempat dijadikan Pilot Project oleh Kementrian Lingkungan Hidup, salah satunya adalah TPS 3R Kelurahan Jungcangcang Kecamatan Kota Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur, sabtu (30/06/2018)..

 

Pengelola TPS 3R Kelurahan jungcangcang Kecamatan Kota Kabupaten Pamekasan Bapak Syifud mengatakan bahwa, dari sekian ratus TPS 3R yang tersebar diseluruh Jawa Timur, hanya ada dua TPS 3R yang dijadikan Pilot Project oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

 

“Dua TPS 3R yang dimaksud adalah TPS 3R Kelurahan Jungcangcang Pamekasan yang ditangani oleh KSM Lestari, dan yang kedua adalah TPS 3R yang ada di Kota Kediri,” terang Syifud.

 

Pada tahun 2018 menurut Syifud TPS 3R yang dikelolanya sudah ada perkembangan, terbukti dengan adanya salah satu perumahan sudah menjadi pemamfaatnya dengan sekitar 155 hingga 200 rumah warga.

 

“Hingga saat ini, di TPS 3R kami ini sudah menangani sekitar 662 sampah rumah tangga, juga 3 sekolah dan 1 pasar,” tutur Syifud.

 

Sementara mikanisme pengelolaan sampah di TPS 3R menurutnya, Sampah berasal dari rumah tangga yang mau menjadi pemamfaat, selanjutnya sampah diambil kerumah masing-masing warga setiap hari.

 

 

“Sampah yang sudah sampai di sini kita kelola dengan cara kita pisah masing – masing jenisnya, sementara sampah yang tidak bisa dikelola kembali, kita angkut ke TPA melalui armada yang disediakan oleh DLH Pamekasan,” paparnya.

Hasil pengelolaan pemilahan sampah oleh Syifud setiap bulannya dijual, menurutnya dari hasil penjualan tersebut untuk menghidupi aktifitas TPS 3R.

“Sementara untuk jaminan kesehatan 6 orang pekerja kami yang ada di TPS 3R Jungcangcang, kami dibantu oleh dokter Nanang selaku kepala Puskesmas Teja, dan kami ucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan rasa pedulinya terhadap kami, semoga apa yang dilakukan terhadap kami menjadi catatan amal baik yang diterima,” pungkasnya.(mtr).

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *