Untuk PAM TPS, Irwasda Polda Riau Pimpin Apel Serpa Personel Polda Dan Polresta Kampar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

KAMPAR|RIAU,FN.COM-Senin (15/4/2019) sekira pukul 07.30 Wib, bertempat di Lapangan Upacara Mapolres Kampar dilaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Personel BKO Polda dan Personel Polres Kampar yang akan melaksanakan Pengamanan TPS pada Pileg dan Pilpres 2019.

 

Pelaksanaan Apel dipimpin Irwasda Polda Riau Kombes Pol M.Z. Muttaqien SIK, SH, MAP selaku Ketua Tim Pamatwil Polda Riau untuk Wilayah Hukum Polres Kampar.

 

Hadir pada Apel ini Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH dan anggota Tim Pamatwil Polda Riau yaitu Dirlantas Polda Riau Kombes Pol FX Bhirawa Braja Paksa SIK, Kabid TI Polda Riau Kombes Pol Adang Suherman MSi, Kabid Dokkes Polda Riau Kombes Pol dr. Adang Azhar dan Anggota Timsus Polda Riau untuk Polres Kampar serta Pejabat Utama Polres Kampar.

 

Untuk peserta apel terdiri dari Personel BKO Polda Riau dan Polres Kampar yang akan melaksanakan pengamanan TPS di wilayah hukum Polres Kampar serta personel BKO Brimob Polda Riau.

 

Irwasda Polda Riau selaku Pimpinan Apel dalam amanatnya menyampaikan beberapa arahan, antara lain :

 

Salahsatu Tupoksi kita dalam Pemilu ini adalah pengamanan TPS  yang meliputi pendistribusian kotak suara dan surat suara serta mengamankan pelaksanaan proses Pemungutan Suara dan Penghitungan suara.

 

Personel Polri hanya mengamankan lokasi diluar TPS kecuali bila diminta oleh pihak penyelenggara, dalam hal-hal tertentu yang membutuhkan bantuan petugas Kepolisian.

 

 

Pada kesempatan ini Irwasda juga menyampaikan beberapa penekanan tentang hal-hal yang menjadi atensi saat pengamanan TPS antara lain, agar personel Polri datang lebih awal dan cek kesiapan TPS dan berkordinasi dengan KPPS maupun petugas keamanan lainnya dari TNI maupun Linmas.

 

Kenali para petugas KPPS, Linmas, TNI, Kades serta Ketua RT / RW dan  jalin komunikasi serta sinergitas.

 

Usai Apel Serpas ini dilanjutkan arahan dari Kapolres Kampar kepada petugas Pengamanan TPS, berikut poin-poin arahannya.

 

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang harus diatensi petugas selain Pengamanan TPS yaitu pengawalan Kotak Suara dari PPS ke TPS dan saat pengembaliannya hingga ke PPK.

 

 

Para Kapolsek agar menjelaskan situasi daerahnya kepada personel yang akan melaksanakan pengamanan, jangan sampai ada celah untuk melakukan pelanggaran terutama saat pencoblosan.

 

Pahami aturan dan ketentuan tentang pelaksanaan pemungutan suara, seperti apabila ada masyarakat yang sudah mendaftar ke panitia untuk memilih dan mengantri, dapat terus memberikan hak suaranya walaupun telah lewat pukul 13.00 wib.

 

Untuk penghitungan suara di TPS apabila telah lewat pukul 24.00 wib dan belum selesai, dapat meneruskan proses penghitungannya hingga pukul 12.00 wib keesokan harinya, dan apabila ada permasalahan agar dilaporkan secara berjenjang.

 

Mengakhiri arahannya Kapolres Kampar menyampaikan bahwa apa yang kita lakukan saat ini tidak hanya untuk Polda Riau akan tetapi ini juga untuk Bangsa Indonesia, semoga Allah SWT selalu melindungi kita dan selamat bertugas, tutup Kapolres.

 

Setelah pelaksanaan apel para personel yang akan bertugas pengamanan TPS didampingi Kapolsek masing-masing di wilayah penugasannya, berangkat menuju Polsek untuk kemudian melaksanakan apel dan menerima arahan dari Kapolsek.

 

Kegiatan berakhir sekira pukul 09.00 wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar.

Reporter:Hafnipal


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *