Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Usai Patroli Karlahut, Danramil 16/TP Ajak Timnya Makan Bersama

Usai Patroli Karlahut, Danramil 16/TP Ajak Timnya Makan Bersama

(120 Views) Juli 31, 2019 3:03 pm | Published by | No comment

Kampar, Riau|FN– Salah satu daerah yang rawan Karhuta di wilayah Koramil 16/Tapung adalah Desa Karya Indah yang terletak strategis berbatas langsung dengan Pekanbaru, Ibukotanya Provinsi Riau.

Disini banyak lahan yang belum digunakan maupun dimanfaatkan dengan baik, apakah itu untuk pertanian maupun peruntukan lainnya.

Selain itu, masalah kepemilikan lahan dimana masih banyak lahan yang bersengketa, baik antara masyarakat dengan masyarakat , masyarakat dengan perusahaan dan permasalahan administrasi lainnya.

Hal ini tentu menjadi salah satu penyebab masih adanya lahan tidur hingga terkesan diabaikan begitu saja oleh para pemiliknya. Sehingga rawan terjadinya kebakaran karena ditumbuhi semak belukar.

Demikian dituturkan Komandan Rayon Militer 16/Tp Kodim 0313/Kpr, Kapten Inf Taufik Sihombing kepada wartawan (31/07).

Tim Satgas Karhutla yang dibentuk Dandim 0313/ KPR ini bertugas untuk melakukan upaya pencegahan Karlahut (Kebakaran Lahan dan Hutan).

Tentunya, hal ini ditindaklanjuti langsung oleh Koramil 16/Tapung sejajaran dengan membentuk Tim 2 dan Tim 3 Subsatgas Karlahut wikayah Komando Rayon Militer 16 Tapung.

Dijelaskan Danramil, “Tugas sehari-hari mereka melakukan Sosialisasi, Patroli dan merubah pemikiran masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran Hukum dengan melakukan pembakaran hutan…”

“Jangan kita ingin mau enak, tapi berbahaya bagi orang lain, apalagi kita dekat dengan Pekanbaru. dimana ada Bandara Hang Nadim yang tidak boleh ada asap salah satu penyebab gangguan terhadap penerbangan.” tegas Kapten Infantri Taufik S.

Disela-sela sosialisasi ini, dibeberkan Taufik bahwa salah satu gagasan yang dicanangkan Dandim 0313/KPR adalah dengan memperkenalkan juga budidaya tanaman Porang.

“Diketahui, soal harganya cukup lumayan mencapai Rp.100.000/Kg. Tanaman ini bisa hidup di sela-sela tanaman besar.” ungkap Taufik Sihombing.

Aktifitas Tim Satgas Karlahut ini cukup tinggi, yang menjadi kendalanya adalah posko bagi Personel Subsatgas.

“Tempat standby atau posko kendalanya, jauh dari daerah rawan kebakaran, akses jalan pun belum baik dan Medan yang sulit, serta ada wilayah yang tidak dapat dilalui dengan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat,”imbuh Danramil ini.

Disampaikannya lagi, “sementara Personel ada yang tinggal di Bangkinang dan daerah lainnya , sehingga mobilitas sedikit terkendala, namun hal ini bisa di upayakan dengan mendirikan posko didekat sasaran dan memberdayakan masyarakat sebagai sumber informasi jika ada kebakaran.”

Usai melakukan Patroli Karhutla, Danramil 16/ Tapung Kapten Inf Taufik Sihombing, pantauan wartawan, ia (Danramil, red) mengajak timnya untuk istirahat sejenak lanjut menunaikan ibadah sholat bagi yang menunaikannya. Dan makan siang bersama disalah satu rumah warga berada dekat dengan lokasi Karlahut beberapa waktu lalu.

Salah seorang warga ditempat beristirahatnya Tim Subsatgas menuturkan rasa senang bahwa rumahnya dijadikan tempat persinggahan orang nomor satu diwilayah Rayon Militer Tapung ini beserta Timnya.

 

 

 

Publikasi/Editor : MHA


Categorised in: ,

No comment for Usai Patroli Karlahut, Danramil 16/TP Ajak Timnya Makan Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *