Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Kisruh Perbup Pilkades Bakal Terus Disoal Warga

Kisruh Perbup Pilkades Bakal Terus Disoal Warga

(21 Views) September 13, 2019 6:15 am | Published by | No comment

Ket foto Hery Samaon

Sumenep-FN. Sepertinya kisruh peraturan bupati (Perbup) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Sumenep, bakal terus  menggelinding. Bahkan, masih saja yang mencoba “bermain didaerah rawan itu”. Buktinya masih bisa kita lihat dari panitia Pilkades Padike yang mencoba meloloskan salah seorang calon bernama   Syafaatun Nuriyah yang diduga tidak memenuhi sarat karena  yang bersangkutan memiliki catatan negatif   dikepolisian .

Menerut salah seorang pegiat swadaya masyarakat, Hery Samaon. Panitia diduga Panitia Pilkades telah melanggar Perbub No 54 tahun 2019 pasal 23 huruf (g) kecuali 5 tahun setelah selesai menjalani pidana penjara sedangkan Hj. Syafaatun Nuriyah ingkrah putusannya tanggal 17 Desember 2015 dengan vonis 1 (satu) tahun 3 (tiga) bulan, secara hitungan kasat mata 2017 baru bebas dari pidana penjara, terhitung dari 2017 sampai 2019 masih bertenggang waktu 3 tahun, secara otomatis yang bersangkutan sudah tidak memenuhi persyaratan untuk mencalonkan kepala desa, sehingga dalam hal ini Panitia Pilkades Padike telah melanggar Perbub No 54 tahun 2019 pasal 23 huruf (g).  Padahal di Perbub itu jelas dan tegas bahwa Syafatun Nuriyah harus menjalani dulu seperti yang diatur pada perbup tersebut,” terangnya saat diwawancarai awak media di Jl. Raya Karanganyar Kalianget (12/9/2019)

Lebih jauh Hery mengancam kepada panitia pilakdes Padike untuk melaporkan pada pihak penegak hukum karena dianggap telah bermain main di ranah hukum. “Panitia telah berani melanggar Perbub, untuk itu kami dari LSM bakal melaporkan perbuatan Panitia Pilkades Padike pada pihak kepolisian,” katanya dengan nada ancaman.

Diklarifikasi dari ketua panitia pilkades Padike Suryadi kepada sejumlah awak media mengatakan, pihaknya hanya berjanji akan menjelaskan dengan rinci dan detil pada minggu depan tanpa menjelaskan kapan hari dan tanggal.”Ya,,, biar saya lengkapi minggu depan,” jawabnya pendek via SMS kepada awak media. (lan)


Related Post

No comment for Kisruh Perbup Pilkades Bakal Terus Disoal Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *