Musrenbang Des Wadah Pengelolaan Program Untuk Pengembangan Pembangunan Pedesaan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Sumenep FN: Geliat pengembangan pembangunan telah merambah kepedesaan merupakan bentuk dari perealisasian program pemerintah demi terwujudnya pemerataan pembangunan hingga daerah pelosok desa.

Pemerataan pembangunan menuntut nilai kebersamaan dan dukungan semua pihak, agar pembangunan bisa terwujud dengan sempurna sesuai harapan dan cita cita masyarakat.

Untuk itu, Desa Muncek Tengah, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep melaksanakan Musrenbang Des di Balai Desanya, (29/1) sebagai wadah penanggulangan ide masyarakat dari segala bentuk kekurangan yang ada di desa tersebut untuk disampaikan secara seksama berdasar pada kesepakatan musyawarah.

Tegas Abu Yasid, S.Pd.I, Kades Desa Muncek Tengah dalam uraian pelaksanaan pembangunan dan hal lain yang berkaitan dengan rencana program pengembangan pembangunan di desa, di Musrenbang Des, menyatakan bahwa dari seluruh anggaran yang telah dicairkan pada priode 2019 – 2020 tuntas terbelanjakan dengan baik dan sempurna.  Karena hal tersebut menjadi tanggung jawabnya.

” Semua anggaran program priode 2019-2020 tuntas terbelanjakan tanpa terkecuali.” Ujar Abu Yazid rinci saat pemaparan belanja DD dan ADD desanya.

” Saat ini kami akan memusyawarahkan rencana pengembangan pembangunan priode 2020 -2021. Oleh karenanya, kami undang semua instansi terkait juga tokoh masyarakat untuk mengusulkan segala kekurangan yang ada di desa kami dan rencana pengembangan pembangunannya.” Tambah Yazid meyakinkan.

“Segala ketentuan dan berdasar pada aturan, kami telah kerjakan melalui pendekatan dan musyawarah dengan masyarakat di RT. RW., bahkan kadang wanti wanti di warung, kira kira apa yang harus direnovasi dan dibangun di priode 2020 -2021 nanti.” Ungkap Kades.

” Resminya ya, sekarang untuk mencapai mufakat.” Imbuh Yazid.

Sedang Joko Satreo, S.IP, M. Si., Camat Kec. Lenteng berkilah tidak jauh berbeda, namun memberikan ulasan yang lebih luas serta memaparkan tindakan tindakan yang harus dikerjakan melalui pengusulan program pembangunan kedepan untuk direalisasikan di tahun mendatang.

” Apapun alasannya, segala program pengembangan pembangunan desa yang telah diusulkan harus sukses dikerjakan sesuai ketentuan juknis yang berlaku.” Kata Camat Lenteng optimis.

” Misalnya ada kendala yang berkaitan dengan program lalu tidak bisa diselesaikan, carikan solusi tepat guna, bagaimana cara hal tersebut bisa ditanggulangi dan selesai dengan sempurna.” Tambah Satreo tegas.

Di sisi lain IPTU. Suhairi, Kapolsek dan Kapten CHB. Ardi Sumarja, Koramil Kec. Lenteng mendukung ketetapan yang telah menjadi ketentuan dan mufakat musyawarah desa selaras ide Camat Lenteng, cuma bersaran agar  di keamanan desa juga perlu peningkatan secara intensif . (sim)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *