Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Pemerhati Hukum Kabupaten Sumenep Herman Wahyudi, SH. : Harus Bongkar Pelaku Utama Skandal Korupsi Dana PI Migas PT Wus Sumenep

Pemerhati Hukum Kabupaten Sumenep Herman Wahyudi, SH. : Harus Bongkar Pelaku Utama Skandal Korupsi Dana PI Migas PT Wus Sumenep

(47 Views) Agustus 8, 2019 5:39 am | Published by | No comment

Keterangan gambar :   Herman Wahyudi, SH

Sumenep-FN. Kasus yang menyita dan menyedot perhatian banyak orang yakni korupsi dana Partisipating Interest (PI) dari hasil eksploitasi migas sebesar 10 persen yang dikelola oleh PT Wira Usaha Sumekar (WUS) Sumenep, Madura, Jawa Timur dari PSC Santos Blok Madura Offshore kembali menjadi perhatian publik. Sebelumnya, eks Direktur Utama PT WUS, Sitrul Arsyih Musa’ie dan eks Kepala Divisi Keuangan PT WUS, Taufadi divonis 1 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya pada 27 April 2018 lalu

Ketua  LSM Garuda Nusantara (GARNUS) Heman Wahyudi. SH  bahwa, aktor utama yang berperan besar dalam kasus korupsi PI PT WUS, yang sampai saat ini tidak diproses hukum atau belum tersentuh hukum.

Herman, meyakini Sitrul dan Taufadi sengaja ‘dikorbankan’ untuk menyelamatkan nama yang paling bertanggung jawab dalam skandal korupsi tersebut. “Sehingga ini menarik dibongkar siapa yang menjadi aktor utama yang berperan besar dalam kasus korupsi PI yang dikelola PT WUS,” kata Herman saat diwawancarai  FN Rabu,  (07/8/2019)

Kata Herman,  karena setelah  dua orang diputuskan bersalah, kasus korupsi dana PI seakan tenggelam dan tidak mendapatkan perhatian kembali publik. “Padahal kalau mau dibongkar ini menarik. Sejak awal kita sudah mencium aroma orang berkuasa di Sumenep yang dianggap sebagai aktor utama  yang merancang skenario korupsi ini,” ucapnya.

Bahkan kata Herman, nama yang disinyalir sebagai intellectual  juga masuk dalam tuntutan dan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya pada tahun 2018 lalu.“Anehnya kenapa nama ini sampai sekarang masih tidak diproses hukum. Harusnya nama ini yang paling bertanggungjawab dalam kasus korupsi dana PI yang dikelola PT WUS,” jelas  Herman dengan nada tinggi.

Ia  mengajak agar masyarakat atau Non Government Organization (NGO), aktifis dan pers untuk melakukan dan mencoba lagi untuk  membongkar siapa nama besar di balik itu semua. “Sepertinya orang ini adalah orang  sakti yang tak bisa tersentuh hukum. Ini adalah tugas kita semua sebagai orang yang peduli terhadap penegakan hukum,”  ujarnya.

Dikatakan Herman yang keseahriannya adalah sebagai penasehat di Yayasan Tanah Leluhur Pinggir Papas Kalianget,   menegaskan kasus korupsi dana PI Sumenep akan berhasil dibongkar secara komprehensif, apabila Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil alih penanganan perkara tersebut. “Sepetinya kita butuh KPK untuk turun tangan agar  pelaku korupsi dana PI migas di Sumenep terbongkar,” pungkasnya. (TIM FNG)

 


Related Post

No comment for Pemerhati Hukum Kabupaten Sumenep Herman Wahyudi, SH. : Harus Bongkar Pelaku Utama Skandal Korupsi Dana PI Migas PT Wus Sumenep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *