Forumnusantaranews.com Banyuwangi – Dalam rangka meningkatkan sumber daya masyarakat di Aula Desa bulu sari kecamatan kalipuro  akan diadakan kegiatan Penyuluhan Pembinaan Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga. “ASMANTOGA” yaitu Asuhan Pemanfaatan TOGA & AKUPRESUR dari puskesmas kelir untuk masyarakat  pekarangan sekitar dan di peruntukan penghijauan di rumah masing masing, Jum”at, (21/02/2020).

Di hadiri Vita Adriani dari puskesmas kelir sebagai nara sumber dan Ibu-ibu PKK ,RT, RW, dusun krajan, gulu payung, Plampang dan masyarakat sekitar guna penambahan wawasan perihal tanaman TOGA.

Menurut Kepala Desa Bulu Sari Muhlis. Mpdi menghimbau, kita bisa hidup lebih sehat apabila dalam sekitar rumah di penuhi penghijaun terlebih pemanfatan tanaman Toga, contoh sayur-sayuran ini untuk di tanam di sekitar rumah sendiri dan bisa di manfaatkan untuk keluarga kita apabila ada yang mengalami sakit.

Sedangkan tanaman Toga ini baik di lingkungan dan juga ramah lingkungan kita juga bisa memanfaatkan tumbuh kembang dalam pertanian di pekarangan rumah, sehingga rumah bisa lebih asri. Ucapnya Muhlis.

Ketua ASMANTOGA  Desa Bulu Sari Asnan mengatakan,” kami bangga pada ibu ibu PKK yang siap menjadi pengiat untuk tanaman toga di rumah dan sangat menjalin hubungan erat untuk bisa menyatu dalam kehidupan lebih nyaman.

Tanaman obat keluarga disingkat TOGA adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Dan Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga,” Ujarnya Asnan.

(amin)

Share on:
WhatsApp

Tweet