Menu Click to open Menus
Home » Gorontalo » Realisasi Fisik dan Keuangan Melebihi Target, Sagita: Serapan Anggaran Setiap Saat Terupdate Berkat E-Monep

Realisasi Fisik dan Keuangan Melebihi Target, Sagita: Serapan Anggaran Setiap Saat Terupdate Berkat E-Monep

(61 Views) Oktober 19, 2019 9:00 am | Published by | No comment

GORONTALO FN News – Kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sampai dengan bulan Oktober, sampai dengan saat ini realisasinya sudah melebihi target yang ditentukan.

“Untuk realisasi Fisik sudah mencapai 75,49 persen dari target 65,56 persen, sedang keuangan sendiri realisasinya sebesar 67,04 persen dari yang kami targetkan 59,25 persen,” ungkap Kepala Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E) Provinsi Gorontalo, Sagita Wartabone.

Sagita menerangkan, capaian kinerja ini tidak lepas dari adanya aplikasi e-monep.

e-monep ini digunakan untuk menghimpun data dan informasi hasil pemantauan (data realisasi) pelaksanaan rencana pembangunan. Data dan informasi hasil pemantauan ini digunakan sebagai bahan untuk melakukan pengendalian dan bahan bagi pelaksanaan evaluasi pembangunan.

Seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dilingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo setiap bulannya melakukan penginputan data.

“Termasuk juga opd-opd yang ada di Kabupaten Kota melalui biro pembangunan mereka melalui aplikasi e-monep,” katanya.

Ia berharap Kabupaten Kota bisa benar-benar maksimal menggunakan aplikasi tersebut,

Sagita mengatakan melalui aplikasi tersebut dapat diketahui perkembangan kinerja OPD.

“Setiap bulan juga kita sampaikan ke opd yang terkait apakah serapannya masih dibawah, juga realisasi fisik serta keuangan apakah sudah capai target atau belum,”tuturnya.

Sagita menambahkan, Biro P2E juga melakukan pemantauan langsung ke lapangan untuk memonitoring kegiatan fisik terutama proyek-proyek besar dan strategis. Kata Sagita, ada sekitar 300 lebih proyek strategis yang harus dimonitoring oleh Biro P2E.

“Alhamdulillah Pak Gubernur telah menambahkan anggaran untuk biro P2E, agar monitoring yang kami lakukan bisa maksimal,” terang Sagita.


Categorised in:

No comment for Realisasi Fisik dan Keuangan Melebihi Target, Sagita: Serapan Anggaran Setiap Saat Terupdate Berkat E-Monep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *