Menu Click to open Menus
Home » Daerah » Verifikasi Data PBI, Yasin: Sebaiknya Jadi Tanggungjawab Sepenuhnya Kades

Verifikasi Data PBI, Yasin: Sebaiknya Jadi Tanggungjawab Sepenuhnya Kades

(50 Views) Juli 30, 2019 7:27 am | Published by | No comment

GORONTALO FN News – Ketidakjelasan data Penerima Bantuan Iuran (PBI) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berimbas kepada warga calon penerima di Provinsi Gorontalo

“Menurut data yang kamu terima, sekitar 30 ribu bisa jadi tidak akan menerima PBI,” kata Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Yasin Usman Dilo.

Yasin mengatakan hal ini juga terjadi di seluruh daerah di indonesia dengan persoalan data yang dari tahun ke tahun tidak pernah selesai.

Menurut Aleg PKS ini, verifikasi data yang dilakukan saat ini perlu dicari jalan keluar.

“Salah satunya dengan melibatkan sepenuhnya kepala desa dalam melakukan Pendataan terhadap warga. Tentu kepala desa lebih mengetahui kondisi masyarakat di wilayahnya,” terang Yasin.

Tentu kata anggota Komisi IV ini kepala desa bersangkutan harus ada pedoman atau dasar hukum yang menjadi pegangan terkait pendataan dan memferifikasi terhadap warga penerima PBI.

“Misalnya dengan menggunakan dana yang bersumber dari dana desa berdasarkan pegangan atau dasar atas edaran dari Menteri Dalam Negeri,” jelasnya.

Apalagi tambah Yasin, aturan sekarang penerima PBI harus berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)


Categorised in:

No comment for Verifikasi Data PBI, Yasin: Sebaiknya Jadi Tanggungjawab Sepenuhnya Kades

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *