Acara DKPA KAI ISL Berjalan Sukses, Syamsuddin Nur: Saya apresiasi kepada peserta diklat yang solid dan kompak dalam menerima materi

Makassar, forumnusantaranews.com
Di hari kedua pelaksanaan Diklat Khusus Profesi Advokat (DKPA) digelar DPD KAI ISL Sul-Sel yang berlangsung dua hari mulai tanggal 25 sampai 26 Maret 2022, di Aula Manado Room lantai 1 Hotel Kyriad Haka Makassar berakhir hari ini.

Pantauan awak media sejak awal kegiatan ini para peserta diklat sangat antusias menyimak dan melakukan tanya jawab kepada pemateri tak jarang di selingi canda tawa yang menambah suasana keakraban antara peserta dengan pemateri.

Adapun jadwal panitia pelaksana pemberian materi pada hari ini yakni,

Materi Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara dibawakan oleh Dr. H. Askari Razak, S.H.,M.H. moderator Husniar Darsis, S.H.,M.H

Di rangkaikan dengan materi Acara Peradilan Agama oleh Fitra Abubakar, S.H.,M.H. dan sebagai moderator Andi Mallanti, S.H.

Setelah istirahat dilanjutkan pada materi Hukum Acara Mahkamah Konstitusi oleh Dr. Nasiruddin Pasigai, S.H.,M.H., didampingi moderator Pieter Tanalepy, S.H.

Dilanjutkan pemaparan materi mediasi yang dibawakan oleh Syamsuddin Nur, S.H.,M.H., sedangkan sebagai moderator Intan Nurcahya, S.H.

Diakhir pemberian materi Hukum Acara Perdata di paparkan oleh Prof. Dr. Musakkir, S.H.,M.H. di pandu oleh moderator Achyar Maya, S.H.,M.H. di lanjutkan penutupan DKPA angkatan XX di tutup langsung Ketua DPD KAI ISL Sul-Sel Syamsuddin Nur, S.H.,M.H.

Syamsuddin Nur, S.H.,M.H.
(Ketua DPD KAI ISL Sul-Sel)

Dalam sambutannya mengatakan, “Saya berterima kasih se dalam-dalamnya kepada panitia pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan ini sehingga pelaksanaanya berjalan dengan baik, dan saya mengapresiasi pula kepada para peserta diklat yang solid dan kompak dalam menerima semua materi, karena tahapan UCA dan DKPA telah selesai tentu tahapan berikutnya adalah pelantikan dan penyumpahan harapan saya setelah lebaran InsyaAllah kita akan lakukan tahapan pelantikan, jika memungkinkan kita lakukan bersamaan dengan penyumpahan di Pengadilan Tinggi, untuk tahapan itu tentu apa yang menjadi persyaratan pelantikan dan penyumpahan agar melengkapinya.” Ucap Syamsuddin.

Dedi Kurniawan Damanik, S.H. (Ketua Panitia)

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana DKPA angkatan XX Dedi Kurniawan Damanik, S.H., dalam dalam laporannya menyampaikan, “Dari awal pembukaan sampai saat ini dimana diketahui jumlah peserta sebanyak 20 orang, adapun jumlah materi yang diberikan pada kegiatan DKPA ini berjumlah 10 materi masing-masing:


1. Tehnik dan strategi mediasi dalam penanganan perkara oleh Syamsuddin Nur, S.H.,M.H.
2. Hukum acara pidana oleh Prof. Dr. Said Karim, S.H.,M.H.
3. Hukum acara peradilan tata usaha negara oleh Prof. Dr. Askari Razak, S.H.,M.H.
4. Hukum acara peradilan agama oleh Dr. Muhammad Fitrah Abubakar, S.Hi.,M.H.
5. Legal Drafting oleh Dr. Hasbir, S.H.,M.H.
6. Sejarah organisasi KAI ISL oleh H.M. Aris Pangerang.
7. Hubungan Industrial oleh Prof. Dr. Marwah, S.H.,M.H.
8. Hukum Acara Mahkamah Konstitusi oleh Dr. Nasiruddin Pasigai, S.H.,M.H.
9. Hukum Acara Perdata oleh Prof. Dr. Musakkir, S.H.,M.H.
10. Tindak Pidana Korupsi oleh Dr. Padma D Liman, S.H.,M.H.

Dari materi yang kami sampaikan diharapkan para peserta dapat meningkatkan ilmu dan wawasannya sehingga kelak jadi advokat dapat menjalankan profesi advokat yang berintegritas, bermoral, profesional, menjaga martabat dan kehormatan profesinya serta menjaga marwah organisasi KAI ISL.
Akhir kata mohon maaf se luas-luasnya apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam penyelenggaraan DKPA ini, karena kami sebagai manusia biasa tak luput dari salah dan khilaf,

“SAYA SUKA MEMASAK NASI
PADI TUMBUH DI TENGAH SAWAH
KAMI MENUTUP ACARA INI
DENGAN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH”

“TIDUR NYENYAK DI TEMPAT TIDUR
SAYA BARU BANGUN DI SORE HARI
JIKA ADA UMUR YANG PANJANG
MARI KITA BERTEMU LAGI”

Ustadz Achyar Maya, S.H.,M.H.

Acara penutupan DKPA angkatan XX di akhiri dengan pembacaan Do’a dibawakan oleh Ustadz Achyar Maya, S.H.,M.H.

Wildayanti, S.H.

Wildayanti, S.H., peserta dari Kabupaten Luwu Timur saat ditemui awak media di sela penutupan mengatakan, “Selama mengikuti kegiatan DKPA yang di laksanakan oleh KAI dengan fasilitas narasumber yang luar biasa tentunya semakin memperkuat pengetahuan saya dalam hal teori dan praktek profesi Advokat. Sebagai bonusnya juga tentunya menambah relasi sesama para praktisi hukum. Olehnya itu saya sampai pada kesimpulan bahwa pilihan saya sudah tepat dalam menentukan wadah untuk berproses menjadi seorang advokat yang berkualitas dan profesional di kemudian hari, kepada teman-teman yang telah mengikuti kegiatan DKPA dua hari ini semoga kelak menjadi advokat yang teguh dalam menjunjung tinggi harkat dan martabat profesi Advokat dan saya menitip pesan pula kepada alumni Hukum yang sementara dalam pencarian wadah untuk menggali lebih dalam mengenai profesi Advokat, KAI ISL adalah pilihan tentunya saya merekomendasikan KAI ISL berdasarkan pengalaman saya dalam mengikuti rangkaian kegiatannya.” Ucapnya

Mustamimah, S.H.

Ditempat yang sama peserta dari Kabupaten Soppeng Mustamimah, S.H. mengatakan,
“Alhamdulillah kesan saya selama mengikuti DKPA saya bertemu dengan orang-orang baik, ramah Walcome, bersahabat, santai, pembawa materinya juga mudah diterima dalam menyampaikan materi.” Singkatnya

Andi Sri Liliyanti Rijal, S.H.

“Saya peserta DKPA perwakilan dari Kabupaten Bulukumba merasa senang dan bangga bisa ikut bergabung pada DKPA KAI-ISL angkatan XX DPD KAI Sul-Sel dimana Diklat ini menjadi wadah untuk menambah wawasan saya mengenai bagaimana menjadi seorang advokat yang handal dan berdedikasi bagi masyarakat yang membutuhkan perlindungan dan penegakan hukum. Kata Andi Sri Liliyanti Rijal, S.H. kepada wartawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *