Antisipasi Pagelaran Pilkada 2024, Polres Probolinggo Kota Gelar Sispam Pilkada Serentak 2024

Probolinggo, forum Nusantara news.com-Suasana damai dan tenteram di Kota Probolinggo mendadak berubah menjadi chaos dan rusuh pada Jumat (02/08/24) sore. Ratusan massa nampak melakukan hal-hal anarkis di depan kantor Pemkot Probolinggo sambil melempari anggota Polisi yang sedang melakukan giat pengamanan.

Ternyata, hal ini hanya merupakan kegiatan Simulasi yang digelar oleh jajaran Polres Probolinggo Kota sebagai langkah persiapan sebelum digelarnya kegiatan Pilkada serentak tahun 2024.

“Kegiatan sistem pengamanan Kota Probolinggo guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota.” Terang AKBP Oki Ahadian Purwono kepada media.

Kapolres menjelaskan Dalam simulasi sistem pengamanan Pilkada, menunjukkan saat situasi pemilihan langsung, di mana petugas kepolisian, TNI Kodim 0820 Probolinggo, melakukan proses dari awal pemilihan kepala daerah, sampai terjadi penolakan dari salah satu Paslon dan simpatisannya.

Hingga situasi terjadinya kerusuhan, dan petugas Dalmas Satuan Samapta Polres Probolinggo Kota, memukul mundur massa yang mulai anarkis, hingga pagelaran Pilkada 2024 selesai.

“Dengan terselenggaranya simulasi ini, kami dari Polres Probolinggo Kota siap untuk mengamankan Pilkada di Kota Probolinggo. Ini merupakan ikhtiar kita untuk menjaga kekondusifan di Kota Probolinggo,” ujar Kapolres Probolinggo Kota AKP Oki Ahadian Purwono.

AKBP Oki Ahadian, Kapolres Probolinggo Kota, 300 lebih personel dilibatkan dalam simulasi Sispamkota dalam menghadapi Pilkada serentak 2024 ini, guna antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas, karena Kota Probolinggo masuk zona kurang rawan.

“Kota Probolinggo masuk zona kurang rawan, agar Polres Probolinggo Kota tidak kecolongan saat menghadapi Pilkada serentak atas pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Probolinggo 2024 mendatang, jadi kita gelar simulasi Simpamkota Pilkada serentak 2024,” kata AKBP Oki

Kapolres menambahkan, dalam kegiatan ini ingin melatih personel. Khususnya dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga selama pilkada 2024.

“Sispamkota atau simulasi sistem pengamanan, untuk melatih personel dan petugas penyelenggara Pemilu, untuk menciptakan Pilkada sukses, aman dan tentunya, memberi rasa aman untuk warga setempat, dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat” tambah mantan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya ini.

Pihak kepolisian juga mengimbau, agar masyarakat tak mudah terprovokasi. Sebab dengan demikian Kamtibmas di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota tercipta.(sin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *