Audiensi Bersama Perangkat Daerah, Penjabat Taufik Minta Jaga Stabilitas Keamanan Jelang Pilkada

Probolinggo, forumnusantaranews.com-Demi memastikan kinerja Pemerintah Kota Probolinggo sejalan dengan target Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Penjabat Wali Kota Probolinggo, M. Taufik Kurniawan, terus mempererat komunikasi dengan berbagai perangkat daerah di bawahnya. Dalam pertemuan kali ini, ia beraudiensi dengan beberapa dinas penting di Kota Probolinggo, termasuk Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Pertemuan tersebut digelar di Kantor Dinsos PPPA dan merupakan bagian dari upaya menjaga stabilitas menjelang Pilkada 2024.

“Kami berkomunikasi dengan Bapak Penjabat Gubernur, arahan beliau adalah untuk memprioritaskan stabilitas keamanan, terutama mengingat kita memasuki masa kampanye Pilkada,” ujar Taufik di awal pertemuan. Pernyataan ini menunjukkan pentingnya keamanan sebagai prioritas utama di tengah aktivitas pemerintahan dan masyarakat, terutama menjelang Pilkada yang kerap menjadi periode sensitif. 3 Oktober 2024

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinsos PPPA, Rey Suwigtyo, memberikan paparan mengenai kebijakan keberlanjutan prioritas kota, termasuk program

program bantuan sosial yang telah disalurkan kepada masyarakat. Taufik menekankan pentingnya keakuratan data penerima bantuan untuk mencegah potensi konflik di kemudian hari. Ia mengingatkan agar data penerima bantuan disusun dengan cermat, guna menghindari kecemburuan sosial yang dapat mengganggu stabilitas. “Data sangat diperlukan, jangan sampai nanti terjadi konflik ya. Kadang-kadang di suatu tempat ada yang bertanya, kenapa dia dapat, saya tidak. Ini penting untuk diantisipasi,” katanya.

Keakuratan data penerima bantuan menjadi salah satu fokus utama yang diusung Taufik dalam menjaga stabilitas sosial, terutama di masa-masa Pilkada di mana isu-isu sensitif mudah memicu ketegangan.

Agenda audiensi berlanjut ke Dispendukcapil, di mana Penjabat Taufik diterima oleh Plt. Kepala Dispendukcapil, Pujo Agung Satrio. Dalam paparan singkatnya, Pujo menjelaskan bagaimana dinasnya mendukung kelancaran Pilkada dengan memfasilitasi perekaman KTP elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula, yang dilaksanakan langsung di sekolah-sekolah. Upaya ini bertujuan agar para pemilih baru dapat berpartisipasi secara sah dalam Pilkada mendatang.

Taufik memberikan apresiasi terhadap langkah Dispendukcapil dan memberikan arahan strategis terkait pemanfaatan data kependudukan. “Kita memiliki data dari Kartu Keluarga, yang dapat menunjukkan potensi pemilih pemula berdasarkan tanggal lahir. Dari sana, kita bisa melakukan pemetaan dan memastikan semua yang berusia 17 tahun ke atas mendapatkan KTP,” jelasnya. Arahan ini menunjukkan upaya sistematis pemerintah kota dalam mempersiapkan pemilih pemula, agar tidak ada hak suara yang terlewatkan.

Audiensi terakhir dilakukan di Kantor Satpol PP. Kepala Satpol PP, Pujo Agung Satrio, memaparkan program prioritas dinasnya untuk Tahun 2024, yang meliputi peningkatan ketentraman dan ketertiban umum. Program tersebut juga menyertakan upaya pengamanan yang ditingkatkan selama proses Pemilu dan Pilkada, serta program kesejahteraan relawan Pemadam Kebakaran. Dalam paparannya, Pujo menegaskan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama Pilkada.

Taufik menekankan pentingnya peran Satpol PP dalam menjaga stabilitas keamanan di tengah tahapan Pilkada. Ia mengingatkan jajaran Satpol PP agar selalu waspada terhadap potensi gesekan politik yang mungkin terjadi. “Yang paling penting sekarang ini adalah menjaga stabilitas keamanan selama masa kampanye Pilkada. Kami mohon agar Satpol PP turut serta dalam menjaga kondusifitas kota dan berhati-hati terhadap segala bentuk benturan politik,” tegasnya.

Melalui audiensi ini, Penjabat Wali Kota Probolinggo, M. Taufik Kurniawan, menegaskan komitmennya dalam menjaga stabilitas sosial dan keamanan di Kota Probolinggo, terutama menjelang Pilkada yang akan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Jawa Timur. Dengan berkoordinasi bersama perangkat daerah, mulai dari Dinsos PPPA, Dispendukcapil, hingga Satpol PP, diharapkan pemerintah kota dapat menjaga situasi yang kondusif demi kelancaran seluruh tahapan Pilkada.(sin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *