Empat Pimpinan definitif DPRD Banyuwangi Masa Jabatan Tahun 2024-2029 dilantik

Forumnusanranew. Com BANYUWANGI  – DPRD Banyuwangi menggelar rapat paripurna dengan agenda pengambilan sumpah jabatan empat pimpinan definitif masa bakti 2024-2029, Rabu (2/10/2024).

Penetapan empat pimpinan dewan tersebut, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur Nomor : 100.3.3.1/940/KPTS/011.2/2024 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Banyuwangi Masa Jabatan tahun 2024-2029 tertanggal 27 September 2024 ditandatangani Pj Gubernur Jatim, Ady Karyono

Dalam surat keputusan itu, politikus PDI Perjuangan I Made Cahyana Negara dilantik sebagai Ketua DPRD, dan Hj.Siti Mafrochatin Ni’mah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai Wakil Ketua dan Michael Edy Hariyanto dari Partai Demokrat wakil Ketua DPRD serta Ruliyono dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua DPRD .

Prosesi pengambilan sumpah janji dan pelantikan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi, I Gede Yuliartha.

Usai prosesi pelantikan pimpinan DPRD Banyuwangi definitif, I Made Cahyana Negara menyatakan siap membawa “gerbong” DPRD untuk berkontribusi pada percepatan pembangunan Banyuwangi.

“Kami juga siap melaksanakan fungsi DPRD seoptimal mungkin. Baik fungsi pembuatan peraturan daerah (perda), fungsi anggaran, maupun fungsi pengawasan,” kata Made Cahyana.

Prosesi pelantikan pimpinan definitif DPRD Banyuwangi dilaksanakan dalam forum rapat paripurna yang dipimpin Ketua Sementara DPRD I Made Cahyana Negara diikuti seluruh anggota dewan dari lintas fraksi.

Pelantikan juga dihadiri Plt Bupati Sugirah beserta segenap Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Banyuwangi,Camat, Lurah maupu Kepala Desa se Banyuwangi
I Made Cahyana Negara sebelumnya menjabat ketua sementara bersama wakil ketua sementara Inayanti Kusumasari dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Usai dilantik Ketua DPRD Banyuwangi, Made menyampaikan, pihaknya segera menyusun sejumlah agenda yang akan dibahas bersama anggota dewan lainnya.
“Agenda yang akan kita bahas dalam waktu dekat yakni pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Kita targetkan dalam sepekan sudah selesai,” ucap Made (panggilan akrabnya).

Made Cahyana Negara juga menyatakan siap membawa “gerbong” DPRD untuk berkontribusi pada percepatan pembangunan Banyuwangi. “Kami juga siap melaksanakan fungsi DPRD seoptimal mungkin. Baik fungsi pembuatan peraturan daerah (perda), fungsi anggaran, maupun fungsi pengawasan,” ucap Made Cahyana.

Plt Bupati Banyuwangi Sugirah menyampaikan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD Banyuwangi. Ia berharap dengan adanya pimpinan baru, kolabroasi antara pemkab dan DPRD akan terus meningkat.

Sugirah yakin, para pimpinan legeslatif punya komitmen yang kuat dalam mengawal percepatan pembangunan di Banyuwangi.

“Kepada para pimpinan yang baru, saya berharap untuk terus mengedepankan kepentingan masyarakat, dan senantiasa mengutamakan dialog serta pendekatan inklusif supaya pembangunan yang kita rencanakan akan tepat sasaran,” kata Sugirah.

Masih kata sugirah berharap, dengan pimpinan yang baru, DPRD Banyuwangi akan mampu menjawab persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Ia mengajak legeslatif untuk bersinergi bersama eksekutif dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Termasuk untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, memperkuat sektor ekonomi, dan memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang diambil mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Banyuwangi secara berkelanjutan,” tutur sugirah

Sugirah menekankan, keberhasilan suatu daerah bergantung terhadap sinergi yang harmonis antara eksekutif dan legislatif.
“Saya sangat menghargai kerjasama yang selama ini telah terjalin antara pemerintah daerah dan DPRD selama ini. Banyak program dan kebijakan yang telah kita jalankan secara bersama-sama,” ujarnya sugirah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *