Kekuatan 4 Pilar Kebangsaan Mampu Meneguhkan Bangsa dan Negara Indonesia

PALU FN News – Sebagai warga negara tisak saja mengetahui bahwa negara Indonesia adalah Pancasila, tapi lebih dari pada itu, didalamnya selain 5 sila yang setiap saat dibacakan dan diperdengarkan pada berbagai acara dan kegiatan, tapi disetiap sila banyak mengandung makna dan nilai-nilai yang seharusnya dijalankan.

“Sebenarnya kita ini patut bangga dan bersyukur memiliki dasar negara pancasila yang didalamnya kaya akan nilai, esensi dan makna yang apabila kita laksanakan dan implementasikan pada aktifitas kita sebagai masyarakat, maka kehidupan bangsa dan negara ini akan berjalan baik dan aman, situasi kamtibmas selalu tertib serta teratur,” Ungkap Senator DPD RI, Dr. Shaleh Muhamad Aldjuffi, Le., M.A dihadapan ratusan peserta sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Jumat (19/11/2021).

Lebih lanjut dikatakan, sebagai dasar negara, Pancasila juga merupakan salah satu pilar dari 4 Pilar kebangsaan, yaitu UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pilar-pilar inilah yang menopang satu sama lain sehingga semakin meneguhkan dan menguatkan bangsa ini.

“Keempat pilar inilah yang menjadi modal dan kekuatan bangsa indonesia agar terus mampu bertahan dalam kehidupan bertetangga dengan bangsa lain, baik negara-negara di wilayah ASEAN, dan dunia secara global,” Sambungnya.

Menurutnya, kekuatan 4 Pilar tidak saja menjadi tameng negara ini terhadap pengaruh dan ancaman dari luar tapi membentengi dari dalam atas segala kepentingan yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Berbagai peristiwa dan kejadian yang sering kita lihat di baik lewat media maupun secara langsung, masih ada oknum warga kita yang masih terpapar paham radikal sehingga melakukan aksi terorisme sehingga menimbulkan korban,” Imbuh Shaleh Muhamad Aldjuffi.

Baginya, aksi-aksi tidak bisa dibiarkan, meski para aparat penegak hukum selalu berhasil meringkus para pelaku, tapi ini perlu didukung oleh seluruh elemen warga negara.

“Diantaranya, saya sebagai wakil rakyat di DPD RI yang secara rutin terus mensosialisasi dan menggaungkan 4 pilar kebangsaan ditengah- tengah masyarakat seperti saat ini, dan kita sebagai warga sudah seharusnya ikut mendukungnya dengan menerapkan isi dari 4 pilar dan memberitahukannya dalam lingkungan keluarga,” Tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *