Lestarikan Kesenian Dan Budaya Dusun Mojokerto Gelar Gambyong

MADIUN – forumnusantaranews.com. Bertempat di punden warga dusun Mojokerto, desa Palur, kecamatan Kebonsari, kabupaten Madiun , Jawa Timur warga dusun setempat menggelar kesenian gambyong. Seni gambyong tersebut
dalam rangka memperingati bersih desa ( bersih dusun ) yang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada bulan Selo ( bulan jawa).

“Punden desa yang di yakini warga sebagai babat cikal bakal leluhur ( Danyang ) dusun hingga sekarang tempatnya selalu dirawat dan menjadikan tempat yang sangat bersejarah dalam masyarakat dusun, Mojokerto .” Kata Kasun Mojokerto , Sutikno, pada Sabtu, 01/06/2024.

Lebih lanjut dikatakan, Sutikno, bahwa masyarakat dusun Mojokerto secara rutin setiap tahun menggelar bersih desa, dan itu sudah menjadi tradisi dari jaman dahulu sejak nenek moyang dulu.

” Masyarakat dusun Mojokerto merasa bersyukur dan mensyukurinya atas keselamatan dan ketentraman pada warga dusun mereka. Tambahnya.

“Menurutnya bahwa, dengan diselenggarakan peringatan bersih desa ini masyarakat dusun lebih baik lagi serta menjadikan tolak balak pada dusun Mojokerto yang terbagi 2 wilayah, yakni Mojokerto dan Sawahan.

” Sebelumnya kita mengadakan Istiqosah, siang harinya selamatan ( kenduri ) masyarakat bawa nasi ( encek ) ke punden sini. Dan di akhir penghujung acara ini atau setelah selamatan ( kenduri ) dan do’a bersama , warga semua akan dihibur oleh seni Gambyong yang sudah menjadikan kegiatan tradisi rutin pada dusun Mojokerto dengan sinden Sela dari Sambit, Lastri dari Sawo dan Yayuk dari Sendang Madiun. Tuturnya.

Tak lupa, Sutikno, mengucapkan banyak terimakasih kepada semua warga dusun atas partisipasinya dan selalu antusias dalam menyelenggarakan bersih dusun demi untuk kepentingan kita bersama. ” Pungkasnya. ( Bayu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *