Madrasah Aliyah Lumajang Gelar Porseni 2024 Optimalisasi Potensi Menuju Prestasi

LUMAJANG,Forumnusantaranews.com – Madrasah Aliyah (MA) Lumajang kembali menggelar Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) tahun 2024 tingkat kabupaten Lumajang. Acara tahunan ini diselenggarakan dengan tujuan menggali potensi bakat siswa di bidang olahraga dan seni, serta mempererat rasa persaudaraan antar siswa dan sekolah. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (05/10/2024).

PORSENI yang berlangsung selama satu hari, mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai, diikuti oleh seluruh siswa dari berbagai Madrasah Aliyah (MA) se kabupaten Lumajang. Acara ini resmi dibuka oleh kepala kantor Kementerian Agama kabupaten Lumajang, Dr H Muhammad Muslim S Ag M Sy. Saya berharap potensi para peserta Porseni MA kabupaten Lumajang mampu membawa pulang gelar juara umum di tingkat provinsi Jawa Timur pada tahun 2025.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) kabupaten Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi S Ag MPd kepada awak media menyampaikan, bahwa tahun ini jumlah peserta mengalami peningkatan signifikan. “Meningkat sampai 1.045 peserta dari 86 lembaga MA yang berpartisipasi. Peserta akan berlaga di 7 cabang olahraga dan 9 cabang seni, dengan tema yang diusung adalah Nusantara Baru, Indonesia Maju dengan slogan “Saya Datang, Saya Tanding, Saya Menang””, ujar Edi.

“Tema tersebut mencerminkan optimalisasi potensi olahraga dan Seni guna meningkatkan semangat berkompetisi dalam mewujudkan madrasah yang maju, bermutu dan mendunia. Cabang olahraga yang dilombakan meliputi futsal, bulu tangkis, catur, dan atletik, sedangkan cabang seni meliputi lomba pidato, seni musik, puisi serta desain grafis. Setiap MA mengirimkan perwakilannya untuk berkompetisi dalam berbagai kategori ini”, ungkap Edi.

Edi menambahkan, bahwa PORSENI bukan hanya ajang untuk menunjukkan prestasi, tetapi juga sarana untuk membentuk karakter siswa yang sportif dan kompetitif. “Melalui PORSENI ini, kita harapkan siswa tidak hanya berprestasi secara akademik, tetapi juga mampu menunjukkan bakat di bidang olahraga dan seni, serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas”, pungkas Edi.

Dengan diadakannya PORSENI ini, MA Lumajang berharap dapat terus mendorong siswa untuk berkembang tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga non-akademik, demi menghasilkan generasi muda yang berprestasi dan berkarakter. (Jwo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *