Persiapan Menyongsong Upacara HUT RI ke-76 Kabupaten Ngawi Siapkan Paskribaka Yang Matang

Ngawi | FN – Bulan Agustus sudah kembali datang dimasa pandemi ke 2 tahun yang di lalui masyarakat bangsa Indonesia khususnya. Bagaimanapun HUT RI tidak bisa terlupakan atau terlewatkan. Penghormatan generasi penerus bangsa terus bertahan, sebagai tanda peringatan lndinesia lahir dengan kemerdekaan nya tepat bulan Agustus.

Pandemi awal HUT RI penuh keprihatinan, dimana sebagai tanda penghormatan dilakukan secara zoom meeting. Kali kedua tahun pandemi 2021, mengacu surat edaran pemerintah, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Disparpora) kabupaten Ngawi mendapat amanah dari pemerintah daerah, untuk mempersiapkan paskibraka yang bertugas untuk menaikan Sang saka bendera kebesaran bangsa Indonesia bendera Merah Putih, saat upacara detik-detik proklamasi HUT RI ke-76.

Kasi bidang pemuda dan olah raga Eko Sugiarto, S. Sos, SE, M.Si dan Kabid pemuda olah raga Hangga Agung Oktofandian, S. STP, sebagai tim pelaksana mewakili Kepala Disparpora Raden Rudi Sulisdiana, S.Sos M.S.
Mempersiapkan tim paskibraka mulai Seleksi fisik dan non fisik, ” terang Kasi bidang pemuda dan olah raga.

Kasi Eko mewakili pimpinan juga menjelakan, ” seleksi diadakan di gor tgl 7 fisik tes dan tes kemampuan non fisik harikedua 8 april sejumlah 36 siswa. 36 siswa terdiri dari putra dan putri sebelum seleksi digor, sudah diseleksi ditiap sekolahan tertunjuk yang dibantu oleh PPI ( Purna Paskibra Indonesian).

Dari 36 yang berasal dari 6 sekolahan tingkat SMK SMU wilayah kota Ngawi, lulus terpilih 12 peserta. Calon peserta paskibra 10 siswa untuk persiapan wilayah kabupaten dan terpilih yg 2 dikirim ke provinsi. Adapun menimbang masa pandemi 2 peserta dipersiaokan dengan lebih dahulu vaksin, isoman 10 hari.

Tanggal 6 Agustus berangkat provinsi gabung dengan kota/kabupaten se-Jatim yg lain. Sedangkan nama yang mewakili kabupaten Ngawi dari SMK N 1 Ngawi peserta putri Lintang Nur Cahyani dan peserta putra bernama Krisna Setiyabudi SMK N 2 ngawi. Pelatih Paskibraka kabupaten dibantu oleh anggota TNI Polri, Kodim dan PPI. Lokasi pelatihan di halaman Pendopo Surya Graha dari tanggal (02/08) sampai (14/08), rencana tanggal 15 gladi bersih.

Pelatihan atau diklat Paskibraka selain mendapatkan latihan baris berbaris agar anggota Paskibraka siap melaksanakan tugasnya dalam menaikkan bendera Merah Putih dalam Upacara HUT ke – 76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021, peserta juga mendapatkan materi untuk membentuk karakter individu mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Tujuan mempersiapkan dengan pelatihan Pasbraka,” Membentuk pribadi yang disiplin, Manajemen waktu, Belajar konsekuensi, Lebih kompak
menjadi tim Paskibra bersama dengan anggota yang lain akan mengajari arti kekompakan. Tak hanya kompak dalam meluruskan barisan saja, kekompakan merupakan tujuan Paskibra agar bisa melakukan tugas pelaksanaan upacara dengan sempurna. Memiliki solidaritas Yang tinggi, belajar kerja sama, menjadi lebih aktif, siap belajar dan bekerja keras, menjadi pribadi Yang cinta Tanah Air, memiliki prospek karir cerah,” pungkas Kasi Eko mewakili mewakili Kepala Disparpora kabupaten Ngawi.( sr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *