Sekertaris Diskominfotiksan Hadiri Sosialisasi Peran Organisasi Kepemudaan Dalam Pilkada Serentak 2024

ForumNusantaranews.com PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Elvin Yonanda, S.IP., M.M., menghadiri kegiatan sosialisasi Peran Organisasi Kepemudaan Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 dengan tema “Pemilih Muda Pemilih Cerdas”, di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pesibar, di Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (14/8/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesibar itu dihadiri juga Komisioner KPU, Zairi Opani, S.E., Ketua DPD KNPI Pesibar, apt. Nopiyansyah, S.SI., M.Farm., para pimpinan ketua organisasi kepemudaan se-Pesibar, dan pengurus DPD KNPI Pesibar.

Dalam sambutannya Sekretaris Diskominfotiksan, Elvin Yonanda mengatakan bahwa ketentuan terkait Pilkada digelar serentak di 2024 diatur melalui Pasal 201 Ayat (8) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang menyebutkan bahwa pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh wilayah Indonesia dilaksanakan pada 27 November 2024.

“Pilkada pada dasarnya ditujukan untuk rakyat, karena pilkada juga berasal dari rakyat dan akan kembali ke rakyat,” kata Sekretaris Diskominfotiksan, Elvin Yonanda.

Menurut Sekretaris Diskominfotiksan, Elvin Yonanda, beberapa alasan organisasi kepemudaan harus ambil andil dalam Pilkada Serentak 2024 diantaranya, pemuda mampu menyebarluaskan informasi terkait tahapan pilkada, melalui pemuda dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban pemilihan, dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan.

“Dimasa menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, masyarakat perlu lebih waspada terhadap informasi yang diterima atau yang disebarkan melalui media sosial. Artinya pemuda dapat berperan dengan memverifikasi terkait kebenaran informasi sebelum menyebarkannya merupakan langkah yang sangat penting untuk mencegah penyebaran berita palsu yang dapat merusak keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Sekretaris Diskominfotiksan, Elvin Yonanda.

Sekretaris Diskominfotiksan, Elvin Yonanda menyebutkan bahwa pemuda harus berpartisipasi karena memiliki tiga keunggulan yakni komitmen terhadap demokrasi yang tinggi, akses informasi yang luas, dan memasuki masa produktif termasuk memiliki kekuatan fisik. “Karenanya atasnama Pemkab Pesibar, kami berharap agar para pemuda di Pesibar ikut berperan aktif mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Sehingga pemimpin yang terpilih adalah yang sesuai dengan keinginan masyarakat untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Pesibar,” pungkas Sekretaris Diskominfotiksan, Elvin Yonanda.(Apri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *