Bupati Agus Istiqlal Terima Penghargaan UHC Award Tahun 2024

ForumNusantaranews.com PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menerima piagam penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2024 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Bidang Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), di ruang kerja Bupati Lantai 5 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Kamis (15/8/2024).

Sebelumnya penghargaan tersebut diterima oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Dra. Henny Yulistiani. M.M., di Krakatau Ballroom TMMI, Jakarta Timur pada 8 Agustus lalu.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Suryadi, S.IP., M.M., mengatakan bahwa, Pemkab Pesibar mendapat Predikat Madya dalam Penghargaan UHC Award. “Predikat tersebut diberikan karena cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan di Pesibar sudah mencapai 106,29 persen dari total penduduk dan tingkat keaktifan peserta mencapai 79,90 persen dari total peserta terdaftar,” ujar Plt. Kepala Dinkes, Suryadi.

Menurut Plt. Kepala Dinkes, Suryadi, atas capaian komitmen tersebut Pemkab Pesibar dinilai sukses mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). “Serta Pemkab Pesibar juga dinilai memiliki komitmen yang kuat terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat,” lanjut Plt. Kepala Dinkes, Suryadi.

Lebih lanjut Plt. Kepala Dinkes, Suryadi, selain Pesibar ada 33 provinsi dan 452 kabupaten/kota lainnya yang juga memperoleh penghargaan serupa dan telah berhasil mewujudkan UHC diwilayahnya masing-masing dengan cakupan kepesertaan lebih dari 95 persen dari total penduduk.

“Acara yang dilaksanakan dengan tema Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia. Acara itu dihadiri juga oleh Presiden International Social Security Associaton (ISSA), Menko PMK, Direksi BPJS Kesehatan, Gubernur, Bupati serta Walikota,” pungkas Plt. Kepala Dinkes, Suryadi.(Apri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *