Ini Tujuan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Foto : Paus Fransiskus

Forumnusantaranews.com- Dengan menggunakan pesawat komersil biasa, Paus Fransiskus, Pemimpin Gereja Katolik Dunia dan Kepala Negara Vatikan tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024).

Diantar menggunakan mobil jenis Innova Zenix berwarna putih, rencananya Paus Fransiskus akan menginap di Kedubes Vatikan. Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan nya di Indonesia mulai dari tanggal 3 – 6 September 2024.

Ignatius Suharyo, Uskup Agung Jakarta mengatakan, Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, ingin mengenal lebih jauh soal kehidupan beragama di Indonesia.

“Paus dan Vatikan mau mengenal lebih jauh soal kehidupan beragama, toleransi serta persaudaraan lintas agama yang ada di Indonesia,” kata Ignatius Suharyo.

Lebih lanjut, ia mengatakan, secara khusus Vatikan ingin belajar banyak mengenai Islam di Indonesia.

“Secara khusus Vatikan mau belajar banyak mengenai Islam di Indonesia, rencananya Paus akan mengunjungi masjid Istiqlal untuk pertemuan dengan tokoh antar agama,”ungkapnya.

Selama di Indonesia, tambah Ignatius Suharyo, Paus Fransiskus juga rencananya akan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Merdeka.

“Paus Fransiskus juga akan ketemu Presiden, Joko Widodo di Istana Merdeka dan akan mengadakan misa suci di GBK yang dihadiri oleh 80 ribu umat Katolik,” tuturnya .

Setelah ke Indonesia, Paus Fransiskus juga rencananya akan berkunjung ke Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura.

Sebelumnya, Paus terakhir yang datang ke Indonesia ialah Paus Yohanes Paulus ll yang datang ke Indonesia pada tahun 1989 silam.

Sedikit informasi, Indonesia mempunyai hubungan bilateral yang kuat dengan Vatikan, bahkan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia serta mendukung agar Indonesia merdeka adalah Vatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *