Ponpes Darul Muhajirin Lolos Tahapan Seleksi Eko Pesantren Tingkat Provinsi Jawa Timur 2024

LUMAJANG,Forumnusantaranews.com – Keberhasilan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Muhajirin yang terletak di desa Wonokerto, kecamatan Gucialit, kabupaten Lumajang, merupakan pencapaian penting yang tidak terlepas dari dukungan Tim Pembina Eco Pesantren Kabupaten yang terdiri dari berbagai unsur, termasuk Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, dan Forkopimca setempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Lumajang, Hertutik menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian tersebut. “Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi pesantren lain untuk menerapkan praktik berwawasan lingkungan dalam kegiatan sehari-hari mereka”, ujar Hertutik, saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Jum’at (25/10/2024).

Sebagai langkah selanjutnya, verifikasi untuk tahap berikutnya akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2024. Hertutik berharap bahwa verifikasi ini tidak hanya akan mengukuhkan Darul Muhajirin sebagai Eco Pesantren, tetapi juga akan menjadi langkah awal bagi pesantren lain untuk mengikuti jejak ini. “Dengan meningkatnya jumlah pesantren yang menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih baik dan menjaga bumi untuk generasi mendatang”, ungkapnya.

Keberhasilan Pondok Pesantren Darul Muhajirin menjadi contoh nyata bahwa pendidikan dan pelestarian lingkungan dapat berjalan seiring, serta mendorong lembaga pendidikan Islam lainnya untuk berperan aktif dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan. (Jwo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *