Asisten II Zukri Amin Dampingi Ombudsman Kunker Pengawasan Pelayanan Publik Di Wilayah 3T

ForumNusantaranews.com PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar), Drs. Zukri Amin, M.P., mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Ombudsman Republik Indonesia (RI) yang dipimpin oleh Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika, dalam rangka pengawasan pelayanan publik di wilayah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T), Selasa (30/7/2024).

Turut mendampingi dalam kegiatan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Asisten II, Zukri Amin mengatakan bahwa beberapa lokasi yang menjadi tujuan pengawasan oleh Ombudsman diawali dengan melakukan pengawasan ke Pasar Way Batu Kecamatan Pesisir Tengah. Di pasar tersebut pihak Ombudsman melakukan peninjauan aktifitas pasar para pedagang pasar, meninjau harga pangan, melihat fasilitas layanan pendukung kegiatan perdagangan di pasar, melakukan pengujian/tera terhadap alat timbang/ukur yang ada di pasar. Dan meninjau pelaksanaan kemitraan para pedagang pasar di daerah 3T dengan BRI, seperti akses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan manfaat yang diperoleh, masalah dan hambatan dalam layanan KUR, dan saran masukan dalam rangka optimalisasi layanan KUR. “Hasilnya dari keseluruhan pengawasan di Pasar Way Batu semua poin terbilang cukup baik,” ungkap Asisten II, Zukri Amin.

“Pihak Ombudsman juga melalukan kunjungan ke BRI dan disimpulkan dari semua pengawasan yang dilakukan juga dinilai berjalan cukup baik,” imbuh Asisten II, Zukri Amin.

Dilanjutkan Asisten II, Zukri Amin, kegiatan serupa juga dilanjutkan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Bangun Negara Kecamatan Pesisir Selatan dalam rangka mengetahui tantangan dan kendala dalam layanan penyediaan dan penyaluran BBM Bersubsidi, memeriksa ketersediaan BBM Bersubsidi, memeriksa status tera mesin/dispenser SPBU, dan melakukan uji tera mesin/dispenser SPBU. “Di SPBU Bangun Negara secara keseluruhan semua pemeriksaan hasilnya cukup baik,” ujar Asisten II, Zukri Amin.

Lokasi lain yang menjadi sasaran Ombudsman yakni perusahaan tambak udang yang ada di Pekon Way Jambu kecamatan setempat. Di lokasi pihak Ombudsman melakukan tindaklanjut penyelesaian laporan masyarakat di Ombudsman RI dan meninjau kondisi lokasi eksisting tambak udang milik pelapor/IPPBS.

“Pihak Ombudsman juga melakukan diskusi terfokus bersama Kelompok Tani (Poktan), nelayan, dan UMKM di wilayah 3T dengan tujuan mendengar masukan atas layanan penyediaan dan penyaluran BBM/LPG Bersubsidi untuk poktan, nelayan, dan UMKM di daerah 3T. Mendengar masukan atas layanan penyediaan dan penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk poktan di daerah 3T. Mendengar masukan atas layanan penyaluran KUR untuk poktan, nelayan, dan UMKM di daerah 3T,” tutur Asisten II, Zukri Amin.

Asisten II, Zukri Amin berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka memastikan pelayanan publik dapat terlaksana sesuai aturan yang telah ditetapkan. “Sehingga berbagai program yang diluncurkan oleh pemerintah benar-benar terlaksana dan tersampaikan kepada masyarakat dengan maksimal,” tukas Asisten II, Zukri Amin.(Apri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *