BKKBN Provinsi Jawa Timur Kunjungi Desa Rambaan Dalam Rangka Monitoring Kampung KB


Probolinggo,Forumnusantaranews.com – Sebagai wujud pemantauan terhadap perkembangan program Kampung Keluarga Berecana (Kampung KB) yang ada diwilayah Kabupaten Probolinggo, maka Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur secara signifikan melakukan monitoring dan Pembinaan Kampung KB didaerah yang menjadi wewenangnya.
Hal ini seperti yang terpantau dalam monitoring tim BKKBN Provinsi Jawa Timur di Desa Rambaan Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo yang bertempat di Balai Desa, Selasa (01/12) pagi. Hadir dalam kegiatan tersebut Muspika kecamat Sumber Kabid Pengendalian Penduduk (Dalduk) BPP KB Kabupaten Probolinggo Lilik Ekawati M.M Kes, Puskesmas Sumber, Kader Posyandu, PKK serta perangkat desa.


Camat Sumber, Edy Sunyoto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim monitoring BKKBN Pemprov Jawa Timur di wilayahnya “Diharapkan kunjungan ini dapat menambah wawasan bagi Pemerintah desa Rambaan untuk terus berkelanjutan memprioritaskan program kampung KB sebagai bagian dari program desa”ungkapnya.
Kepala desa Rambaan, Suno S.AP dalam sambutan serta laporannya mengungkapkan kebanggannya atas partisipasi yang cukup tinggi dari warga desanya dalam mensukseskan program kampung KB ini. “Pada tahun 2014 masih sulit mensosialisasikan yang berkaitan dengan KB pada masyarakat, dan Alhamdulillah lambat laun kesadaran warga akan KB ini kian tumbuh, sehingga tak berlebihan apabila secara global kecamatan Sumber menjadi satu dari beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang menjadi rujukan sebagai wilayah yang sukses mengembangkan program kampung KB.”ujarnya.
Suno juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan tim monitoring BKKBN provinsi Jawa timur ke desanya “Kedepannya kami siap mempertahankan dan mensukseskan program kampung KB ini.”tambahnya.
sementara Uni Hidayati ST,MM dari BKKBN Provinsi Jatim dalam sambutannya mengatakan sangat apresiasi atas prestasi yang ditunjukkan desa Rambaan dalam mensukseskan program kampung KB. “Jika dilihat dari geografis termasuk akses menuju desa ini, hal yang patut menjadi kebanggaan karena desa Rambaan dapat menunjukkan kesungguhannya dalam memberi pengarahan pada warga terkait pentingnya prgram Keluarga berencana. Prestasi ini tentunya berkat dukungan dari berbagai lintas sektoral termasuk pemerintah kecamatan dan muspika yang turut memberikan dukungan.”katanya.
Kabid Dalduk BPdan KB Kabupaten Probolinggo, Lilik Ekawati dalam sambutannya mengatakan adanya kampung KB yang ada di Kabupaten Probolinggo menunjukkan bahwa wilayah kabupaten ini berupaya agar pengendalian pertumbuhan penduduk yang ada dapat ditekan, sehingga populasi penduduk akan stabil. “sejak 2016 hingga 2019 jumlah kampung KB yang ada dikabupaten Probolinggo berjumlah 57 desa. Hal ini menunjukkan keseriusan kabupaten Probolinggo dalam keikutsertaannya meminimalisir angka pertumbuhan penduduk.”ujarnya.
Kunjungan tim monitoring dan pembinaan Kampung KB oleh BKKBN Jawa Timur di desa Rambaan ini berjalan cukup lancar. “Mudah-mudahan kunjungan ini akan menjadi penyemangat kami untuk terus menjalankan program Kampung KB di desa kami.”ujar Kades Suno. (Sin)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *