Inspektur Mahasunu Jadi Irup Prosesi Dharma Astha Brata Pernikahan Purna Praja Rizky Bachtiar. S.STP,. M.Si


Makassar, forumnusantaranews.com –
Bupati Biak Numfor Herry Ario Naf. S.Si, M.Pd., diwakili oleh Inspektur Inspektorat Mahasunu, S.Ip, M.M. Sebagai Inspektur pada upacara prosesi Dharma Asta Bratha pernikahan purna praja Rizki Bachtiar Usman, S.STP, M.Si, dengan Yuniar Janwar Kasmin, S.Kom., yang di gelar di Hotel Swiss Belinn Grand Ball Room Lantai dua jl. Boulevar Raya, Kota Makassar, dimulai sekitar puku 11.15. Wita, pada hari Jum’at 12/2/2021.

Rizky Bachtiar Usman, S.STP, M.Si., Putra dari pasangan Drs..Bachtiar Usman, dengan Djena Hatala., Merupakan purna praja angkatan XX Tahun 2013, Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) Jatinangor, Awal bertugas di Kabupaten Biak Numfor pada tahun tahun 2014, penempatan sebagai staf pada bagian pemerintahan Sekretariat daerah Kabupaten Biak Numfor, Tahun 2015 di lantik sebagai kepala seksi pemerintahan distrik (kecamatan) Bondifuar Kabupaten Biak Numfor, Tahun 2016 di lantik sebagai sekretaris distrik (kecamatan) Bondifuar kabupaten Biak Numfor dan tahun 2019 dilantik sebagai kepala sub bidang Disiplin dan Penghargaan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Biak Numfor hingga saat ini.

Prosesi pernikahan purna praja Dharma Astha Brata ini merupakan tradisi korps IPDN dalam mengantar sekaligus memberi penghormatan kepada purna praja yang akan melangkah kehidupan berumah tangga.
Tampak di acara ini para keluarga kedua mempelai, kerabat dan purna praja dari Kota Makassar mengiringi kedua mempelai memasuki ruang resepsi dengan langkah tegap. Setibanya ditengah posisi ruang resepsi, membentuk formasi bintang Asta Bratha yang merupakan simbol bagi seorang pemimpin berjiwa pamong praja. Selanjutnya Inspektur Upacara Mahasunu, S.Ip. M.M., mengenakan cincin kepada mempelai pria dan menyerahkan baju dharma wanita kepada mempelai wanita.
Proses Dharma Astha Brata memiliki arti bahwa prosesi ini sebagai simbol pembekalan bagi purna praja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang berlaku dengan jiwa Astha Brata.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Biak Numfor, Mahasunu, S.ip, M.M., dalam amanatnya menyampaikan “Selamat kepada kedua mempelai dan untuk mempelai pria agar memasuki kehidupan baru dan tidak sebebas seperti bujang, mau kemana harus penyampaian ke istri dan selamat bergabung kepada mempelai wanita di Dharma wanita Kabupaten Biak Numfor, semoga dalam menempuh hidup baru sakinah mawaddah warahmah dan cepat mendapatkan momongan.” Jelasnya

Sebelum prosesi upacara pernikahan Dharma Astha Brata purna praja, terlebih dahulu melalui prosesi akad nikah yang berlangsung sekitar pukul 09.30 Wita. Dirangkaikan acara sungkeman kedua mempelai kepada kedua orang tua, dilanjutkan prosesi Mapparola(adat Bugis Makassar).

Rizky Bachtia, S.STP, M.M.Si, Saat dihubungi wartawan Via WhatsApp pribadinya mengatakan, “Saya Ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Biak Numfor yang di wakili oleh Bapak Inspektur Inspektorat Mahasunu, S.Ip, M.M., yang sudi menghadiri acara ini, Saya sangat bangga dan bahagia serta bersukur, Apa yang di sampaikan Inspektur nasehat membina hubungan rumah tangga yang dewasa dimana mindset berfikir kedepan tidak lagi single namun sudah memiliki pasangan dan berharap dapat menjadi motivasi agar lebih baik dalam bekerja, InsyaAllah nasehat itu akan saya amalkan dan menjaganya… Aamiin.”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *