Kodam XVIII/Kasuari Peringati HUT Ke-77: “TNI Mendapat Kepercayaan Tertinggi Dari Masyarakat”


Upacara Peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia, di lapangan Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari

MANOKWARI, ForumNusantaraNews – Berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, di antaranya; Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%.

Hal ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., saat menjadi Irup sekaligus membacakan amanat tertulis Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa saat Upacara Peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia, di lapangan Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Rabu (5/10/2022).

Dikatakan Panglima bahwa hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.

“Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5 %. Oleh karenanya, saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI,” ungkapnya.

Pangdam disela-sela kegiatan tersebut mengatakan pada intinya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tulus untuk bangsa Indonesia.

“Teristimewa untuk seluruh masyarakat yang berada di Papua Barat, bahwa dengan penilaian tersebut memberikan rasa suka cita namun mengandung komitmen konsekuensi TNI harus terus melakukan tugas-tugas dengan baik, jadi apa yang diperoleh karena TNI selalu bersama-sama dengan rakyat dan semua komponen sehingga tema yang diusung adalah “TNI Adalah Kita”, ucapnya.

Pangdam juga menyampaikan Tentara dalam setiap tugas harus bisa menyatu dengan rakyat dan meningkatkan kemanunggalan sehingga dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa.

“TNI merupakan milik kita semua anak bangsa dan memiliki relasi yang kuat dengan rakyat, begitu juga TNI harus mampu dan siap mendukung proses pembangunan nasional khususnya di wilayah Papua Barat,” ujar Pangdam.

Dalam upacara tersebut juga dilakukan penganugerahan tanda kehormatan Republik Indonesia yang diserahkan kepada SLK Dharma Bantala, Kapten Inf Nuryanto, penerima Satyalancana XXIV Tahun, Mayor Coba Sujarwoto, penerima Satyalancana XVI, Sertu Arifudin dan penerima Satyalancana VIII Tahun, Serka Prastowo Adi.

Usai gelaran upacara Peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia selesai dilaksanakan dengan berbagai demonstrasi diantaranya defile, pameran alutsista, penampilan tari Yospan dari anak-anak Sekolah, Koloni Senapan, Senam Sparko dan Karate.

Ikut dalam kegiatan ini, para unsur Forkopimda Papua Barat, Staf Ahli Gubernur Papua Barat, Ketua Legiun Veteran RI, Ketua Pepabri, Ketua PPAD dan Ketua FKPPI Provinsi Papua Barat, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan wilayah Papua Barat serta Ketua Persit KCK daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus. (Pendam XVIII/Ksr)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *