Nisma Iriani Dosen Fakultas Ekonomi UIT Makassar Promosi Doktor Di UNM

Silahkan bisa Share di :

Makassar, forumnusantaranews.com –
Dr. Nisma Iriani, SE, M.Si Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Timur (FE-UIT) Raih Gelar Doktor di Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar, dalam Bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi, dengan Judul Disertasi ” Pengembangan Usaha Kecil Jasa Catering Melalui Keunggulan Bersaing, Orientasi Kewirausahaan dan Kemampuan Manajerial di Kota Makassar. Promosi Doktor ini di Gelar di ruang Aula PPs UNM secara Luring, Senin 1 Maret 2021.

Tim Penguji Promosi Doktor ini masing-masing, Wakil Direktur Bidang Publikasi dan Kerjasama PPs UNM Prof.Dr. Anshari, M.Hum (Selaku Ketua Sidang), Prof.Dr.Anwar Ramli, SE, M.Si (Selaku penguji Promotor), Dr.Agung Widhi Kurniawan, S.T, MM (Selaku penguji Kopromotor), Prof.Dr. Chalid Imran Musa, M.Si (Selaku penguji Internal), Prof.Dr. Muhammad Azis, M.Si (Selaku penguji Internal), Prof.Dr. Mediaty, SE, M.Si, AK,CA (Selaku penguji Eksternal).

Di hadapan para penguji Dr.Nisma Iriani, SE, M.Si mempresentasikan hasil penelitiannya dan memberikan jawaban yang baik sehingga Tim Penguji memberikan nilai 3, 87 Predikat A Sangat memuaskan.
Dalam penelitiannya Dr.Nisma Iriani, SE, M.Si menyimpulkan bahwa;

1. Orientasi Kewirausahaan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing Usaha Kecil Jasa Catering di Kota Makassar yang berarti hipotesis satu yang menyatakan terdapat pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing Usaha Kecil Jasa Catering Melalui Catering di Kota Makassar, terbukti dan diterima.

2. Kemampuan Manajerial berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing Usaha Kecil Jasa Catering di Kota Makassar, yang berarti hipotesis dan menyatakan terdapat pengaruh kemampuan manajerial terhadap keunggulan bersaing Usaha Kecil Jasa Catering di Kota Makassar, terbukti dan diterima.

3. Keunggulan Bersaing berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha. Usaha Kecil Jasa Catering di Kota Makassar, yang berarti hipotesis tiga yang menyatakan terdapat pengaruh keunggulan terhadap pengembangan usaha, kecil jasa Catering di Kota Makassar, terbukti dan diterima.

4. Orientasi Kewirausahaan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha. Usaha Kecil Jasa Catering di Kota Makassar, yang berarti hipotesis empat, yang menyatakan terdapat pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap pengembangan usaha kecil jasa Catering Kota Makassar, terbukti dan diterima.

5. Kemampuan Manajerial berpengaruh langsung , positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha kecil menengah jasa Catering kota Makassar, yang berarti hipotesis lima yang menyatakan terdapat pengaruh kemampuan manajerial terhadap pengembangan usaha kecil jasa catering kota Makassar, terbukti dan diterima.

6. Dapat dibuktikan pengaruh tidak langsung orientasi kewirausahaan terhadap pengembangan usaha kecil jasa Catering melalui keunggulan bersaing yang berarti hipotesis enam yang menyatakan terdapat pengaruh tidak langsung orientasi kewirausahaan terhadap pengembangan usaha kecil jasa Catering di Kota Makassar, melalui keunggulan bersaing di terima.

7. Dapat dibuktikan pengaruh tidak langsung kemampuan manajerial terhadap pengembangan usaha kecil jasa Catering melalui keunggulan bersaing kota Makassar, yang berarti hipotesis tujuh yang menyatakan terdapat pengaruh tidak langsung kemampuan manajerial terhadap pengembangan usaha kecil jasa Catering di Kota Makassar, melalui keunggulan bersaing diterima.

Dr. Nisma Iriani, SE, M.Si menyarankan, Karakteristik kewirausahaan merupakan kemampuan otonom diri pengusaha, maka disarankan agar terkait hal ini, pertama-tama, ia harus dipahami sebagai kapasitas dan kompetensi dalam membangun Fokus pada produk dan konsumen karena secara signifikan menjadi prasyarat keunggulan bersaing, ke dua perencenaan yang diperlukan dalam kaitannya dengan penggunaan pinjaman modal harus memperhitungkan perkiraan kemampuan pengembalian pinjaman masih dalam taraf resiko yang mampu dijalani pada meski target yang direncanakan tidak tercapai.

Promosi ini di hadiri Wakil Rektor IV Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi Dr H.Hatta Saleh, SE MM, Ka.Prodi Manajemen, Supiati, SE, MM, Ka.Prodi MIAN Dr.Henni Zainal, S.Pd, M.Pd, Dosen, Kedua orang tua dan Keluarga.


Silahkan bisa Share di :

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *