Sektor 20 Citarum Harum-SubSektor 06 Koramil 03/ Cabangbungin, Kembali Aksi Antisipasi Dampak Bahaya Banjir

Silahkan bisa Share di :

Foto: Giat bersih sungai Citarum

Foto: Giat bersih sungai Citarum

Forumnusantaranews.com, Bekasi – Dalam rangka meminimalisir dampak bahaya banjir disaat musim penghujan tiba, Satuan tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 20 Citarum Harum-SubSektor 06 Koramil 03/ Cabangbungin kembali lakukan pembersihan sampah dan eceng gondok ditanggul dan bantaran sungai di Kp. Biyonbong RT. 02/ 01 Dsn. l, desa Pantaibahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021).

Selain sedimen lumpur yang mengakibatkan pendangkalan dan penyempitan, saat penghujan sampah dan eceng gondok yang terbawa arus air dari hulu biasanya banyak tersangkut mengakibatkan air sungai bisa meluap dan membanjiri wilayah sekitarnya.

Begitu juga dengan tidak adanya tempat pembuangan sampah maupun TPST atau tempat pengelolaan sampah terpadu yang mengakibatkan sampah berserakan. Dan saat musim hujan sampah tersebut terbawa menuju ke semua sungai sehingga aliran air sungai terhambat.

“Masalah ini sudah menjadi momok yang menakutkan bagi warga Masyarakat karena akan berdampak ke pemukiman dan pertanian hingga dapat menimbulkan gagalnya panen”, ungkap Dansektor 20 Citarum Harum, Kolonel Inf. Suyitno.

Berdasarkan data Komsos yang telah diterima, lanjut Kolonel Inf Suyitno, dapat dijadikan sebagai bahan analisa dan pengkajian untuk didalami sehingga dampak bahaya banjir bisa teratasi paling tidak di minimalisir dengan alat seadanya dan dengan bantuan masyarakat .

“Saya selaku DanSektor 20 harus menjalankan amanah yang telah diberikan dan akan saya pertanggungjawabkan. Saya sudah melakukan komunikasi terhadap dinas terkait supaya dapat bekerja sama dalam hal bahaya banjir, kalaupun belum terealisasi sepenuhnya saya tidak akan menyerah,” ungkapnya.

Sementara, Sertu Martan, Dansubsektor 06 Muaragembong mengatakan hal yang sama bahwa pembersihan dilakukan dalam rangka mengantisipasi dampak bahaya banjir.

“Kegiatan ini terus kita lakukan agar dampak bahaya banjir dapat teratasi dan kebersihan sungai Citarum tetap terjaga kelestariannya, agar manfaat sungai Citarum bisa lebih dirasakan lagi oleh masyarakat”, ujar singkat Sertu. Martan. (007-Bam).


Silahkan bisa Share di :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *