SUTT dan GI Pakuan Ratu Operasi, Pacu Denyut Ekonomi Lampung

Silahkan bisa Share di :

PLN berhasil mengoperasikan Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kiloVolt dan Gardu Induk Pakuan Ratu berkapasitas 60 Mega Volt Ampere

LAMPUNG, ForumNusantaraNews – PLN berhasil mengoperasikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kiloVolt (kV) dan Gardu Induk (GI) Pakuan Ratu berkapasitas 60 Mega Volt Ampere (MVA). Beroperasinya infrastruktur ini meningkatkan keandalan listrik guna mendukung roda perekonomian di Pulau Sumatera, khususnya di Provinsi Lampung.

“Ini akan mendukung kebutuhan listrik pada sektor industri pertanian, perkebunan, perikanan atau electrifying agriculture dan permukiman di daerah sekitarnya seperti Kabupaten Waykanan, Lampung Utara, Tulangbawang Barat dan Tulang Bawang. Potensi industri tersebut cukup besar di sini,” tutur General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung, I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangannya, Rabu (07/04/2021).

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, pada tahun 2020, konsumsi listrik di Provinsi lampung tetap mengalami pertumbuhan cukup besar yaitu mencapai 5,8 persen.

Jalur SUTT 150 kV baru ini memiliki panjang 31,48 kilometer sirkuit (kms) yang terdiri dari 24 tapak tower. Energi listrik tersebut dialirkan melalui GI Pakuan Ratu dan selanjutnya dinikmati pelanggan di Kabupaten Way Kanan dan sekitarnya.

Pembangunan tersebut dimulai sejak Agustus 2019 hingga Desember 2020, dan mulai beroperasi komersial pada April 2021. Adapun nilai investasi pembangunan infrastruktur ini mencapai Rp 58 milyar.

Pengoperasian SUTT 150kV double phi incomer dan GI Pakuan Ratu dilakukan ekstra hati-hati agar tidak menyebabkan pemadaman bagi pelanggan. Dalam proses pengerjaannya dilakukan pemotongan (cutt off) dan penyambungan kembali pada jalur SUTT 150 kV Kayuagung – Gumawang – Menggala yang juga sebagai jalur tulang punggung kelistrikan interkoneksi sub sistem Sumatera Selatan dan Lampung.

“Mengingat beban puncak kelistrikan lampung mencapai 1.030 MW, pengerjaannya dengan standar prosedur pengoperasian yang ketat guna menjaga aliran daya listrik tetap tersambung dan tidak terputus,” tambah Sindu.

Keberhasilan operasi ini juga tidak terlepas dari dukungan yang dilakukan oleh stakeholder khususnya Pemerintah Daerah dan masyarakat sekitar.

PLN terus berkomitmen menghadirkan listrik yang cukup dan andal guna mendorong kesejahteraan masyarakat. (Red.)

Silahkan bisa Share di :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *