Warga Bersama Koramil 08 Sukapura Bersihkan Material Longsor Yang Menutup Jalur Bromo


Probolinggo, Forumnusantaranews.com Tebing di kawasan Gunung Bromo, tepatnya di, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, longsor. Material longsor berupa tanah menutup akses jalan yang sehari-hari dilalui oleh warga.

Akibat tertimbun longsor, akses lumpuh. Jalan tersebut lumpuh dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, dan kendaraan yang akan melintas terpaksa harus berhenti untuk meminggirkan tumpukan longsoran tanah yang bercampur lumpur.

“Longsor terjadi pukul 20.00 wib Tak ada korban, namun jalannya tertutupi material longsor ” kata Yusuf warga setempat  sabtu (30/5/2020).

” Akhir-akhir ini memang curah hujan tinggi, dan sering terjadi longsor kalo sudah hujan deras  karena memang kultur tanah di kawasan Bromo ini gampang tergerus erosi, untungnya setelah 2 jam berjibaku ditengah rintik hujan kita bisa bersihkan material longsor dibantu oleh anggota Koramil sukapura yang kebetulan melintas.”terang Yusuf

Sementara itu anggota Koramil 0820/08 Pelda N Dodik H dan sertu Nanang yang melintas untuk patroli wilayah berinisiatif dengan mengkoordinir warga sekitar untuk bergotong royong membersihkan material longsor, agar akses jalan bisa dilalui dan lalu lintas kendaraan kembali normal.

Pelda N Dodik H sebagai Battikomsos menambahkan Koramil 08 Sukapura terus berupaya bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi di wilayah Kawasan Bromo, seperti musibah tanah longsor ini Babinsa, relawan dan masyarakat bahu membahu membersihkan material longsor .

“Kami juga menghimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati apabila hujan deras terjadi,” ucapnya. ( ErHa)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *