Wawasan Kebangsaan Pijakan Penumbuh Kembang Rasa Satu dan Kesatuan Bangsa Bernaung di Bawah Kemanunggalan Pancasila

Sumenep FN: Pijakan emas untuk menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dalam arti punya jiwa patriotis  dengan semangat satu dan  kesatuan berbangsa seharusnya memahami arti wawasan kebangsaan. Pemahaman tersebut tidak semata mata menilik dari satu sisi penghayatan cinta bumi  dan tanah air Indonesia, akan tetapi harus juga punya  tekat dan semangat pembelaan pada  negara  Indonesia dari rongrongan negara lain sengaja merusak rasa satu dan kesatuan berbangsa sebagai bangsa Indonesia.

Di rute lain bangsa Indonesia bisa memahami gejala gejala pergerakan bangsa luar yang kerap merongrong rasa semangat kebangsaan dengan wawasan akurat untuk tidak tersentuh momok fitnah perongrongan hingga akan mengakar pada naluri dan sikap bangsa.

Darinya Bakesbangpol Sumenep mengadakan sosialisasi wawasan kebangsaan pada Kamis (10/3) di Balai Kecamatan Ganding, Kab. Sumenep agar masyarakat Ganding supaya bisa memahami seluk beluk arti wawasan kebangsaan secara penuh untuk ditanamkan oleh masyarakat Ganding terhadap generasi selanjutnya.

Sosialisasi wawasan kebangsaan ke kecamatan tersebut dituangkannya melalui diskusi terbuka agar masyarakat bisa tanya jawab persoalan penting terkait arti wawasan kebangsaan secara utuh, karena menurut Kabakesbangpol Sumenep, Purwo Edi Prawito, S.STP., MM, wawasan kebangsaan masyarakat seakan terlihat mulai pudar, namun bukan berarti tidak ada . Baginya, pengetahuan masyarakat terhadap wawasan kebangsaan mulai menurun. Dia memberi solusi kepada para tokoh masyarakat dan golongan muda yang hadir saat itu, agar kedepan punya semangat rasa satu dan kesatuan jadi bangsa, rukun sesama bangsa, rukun sama umat beragama, tenggang rasa, menghindari percekcokan di antara sesama bangsa, banyak menghafal lagu wajib negara, paham falsafah Pancasila serta isiNya , salah satu langkah untuk mewujudkan wawasan kebangsaan, dan hal tersebut harus dikembangkan oleh mereka kepada anak cucu serta generasi selanjutnya , sehingga kelak terus mengalir dan tertanam pada jiwa jiwa mereka dengan baik.

Ketersentuhan jiwa jiwa generasi penerus tumbuh dan mengerti arti wawasan kebangsaan, pabila terus dialirkan oleh mereka sehingga negara tercinta Indonesia tidak cepat ketipu fitnah dari luar yang punya hasrat menggulingkan Indonesia secara lambat laun.

Kabakesbangpol Sumenep kala sosialisasi wawasan kebangsaan ke Kecamatan Ganding, saat disambut  oleh Bapak Camat, Muspika dan tokoh masyarakat dan pemuda, dirinya merasa puas, karena selain disambut oleh tokoh masyarakat Ganding dengan penuh ramah juga memiliki semangat rasa satu dan kesatuan tekat yang tinggi untuk negara Indonesia dengan tilik ketercapaian  masyarakat  terhadap keharusan lebih cinta  bangsa dan negara dengan nilai nilai rasa kesatuan semangat yang hakiki. (SIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *