Gubernur dan Wakapolda Metro Jaya Resmikan Rumah Susun Menteng Polda Metro Jaya


Brigjen. Pol. Drs. Hendro Pandowo, M.Si., Wakapolda Metro Jaya meresmikan Rumah Susun Polri Menteng Jakarta Pusat

JAKARTA, ForumNusantaraNews – Brigjen. Pol. Drs. Hendro Pandowo, M.Si., Wakapolda Metro Jaya bersama dengan H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., Gubernur DKI Jakarta meresmikan Rumah Susun Polri Menteng Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2022).

Dalam sambutannya, Wakapolda menyampaikan, menyambut baik peresmian hibah rusun Polri menteng ini, karena memiliki makna penting sesuai dengan program prioritas Kapolri yang ke-5 yakni peningkatan kesejahteraan anggota Polri, dalam hal ini personel Polda Metro Jaya, khususnya personel Polres Metro Jakarta Pusat dalam rangka pemenuhan kebutuhan tempat tinggal berupa rumah / flat / rumah susun dinas, bagi anggota Polri dan PNS Polri yang sudah berkeluarga namun belum memiliki rumah, menumpang dengan orang tua, ataupun masih mengontrak.

“Alhamdulillah semuanya dapat terwujud atas bantuan hibah dari Pemprov DKI Jakarta. Saya ucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur DKI Jakarta beserta jajarannya, atas kolaborasinya dalam upaya pemenuhan kebutuhan pemukiman yang sangat layak, serta kepada perusahaan kontraktor APIK-MBP-ANDHIKA-KSO atas waktu dan tenaganya dalam membangun rusun Polri Menteng ini,” tutur Hendro.

“Semoga ke depan akan ada lagi bentuk kolaborasi-kolaborasi lainnya antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya, karena untuk maju kotanya, bahagia warganya dibutuhkan kepastian keamanan yang kondusif untuk menjaga suhu politik yang sejuk, laju perekonomian yang tumbuh dan perkembangan sosial serta budaya yang sehat di Ibukota DKI Jakarta yang kita cintai ini,” kata Hendro.

Bila kita lihat pemandangan saat ini atas rusun Polri Menteng yang sudah berdiri dengan gagahnya, mungkin bila kita bandingkan dengan kondisi asrama yang terdahulu di mana terdapat barak Polisi yang sudah tidak layak huni bahkan sudah masuk simak Polrestro Jakarta Pusat untuk dilakukan penghapusan aset dan terdapat ± 150 kk penghuni asrama yang tinggal dengan kondisi bangunan yang cukup memprihatinkan.

“Tentunya, kita patut bersyukur atas semua karunia ini, saya berharap dengan peresmian Rusun Polri Menteng ini, akan menimbulkan sense of belonging / rasa kepedulian dari penghuni rusun untuk merawat dan memeliharanya dengan baik, serta meningkatkan kinerja kita untuk lebih profesional dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” jelas Hendro.

Berdasarkan data yang kita himpun, dari sebanyak 29.131 personel Polda Metro Jaya, tercatat sebanyak 5.760 personel masih tinggal bersama orang tuanya dan 831 personel yang tinggal mengontrak, di mana bila kita kalkulasikan terdapat 6.591 personel atau 22,6 % yang masih belum mempunyai rumah. “Agar jangan sampai mengendorkan semangat kita dalam berjuang atas nama kemanusiaan,” kata Hendro.

Kami berharap setelah pembangunan Rusun Promoter Polri di pesing Jakarta Barat tahun 2018 lalu dan pembangunan Rusun Polri Menteng Jakarta Pusat saat ini, akan ada pembangunan rusun-rusun Polri lanjutan dari Pemprov DKI Jakarta di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, termasuk penyediaan Gedung parkirnya, sebagai bentuk kolaborasi yang akan terus berkembang sehingga kota DKI Jakarta maju kotanya, bahagia warganya.

Polda Metro Jaya adalah alat Negara, yang memiliki tugas pokok memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, akan senantiasa terus berupaya untuk membantu pemerintah dalam meminimalisir semua potensi ancaman dan permasalahan yang ada.

“Termasuk dengan segala kebijakan dari Pemprov DKI Jakarta, Polda Metro Jaya akan selalu siap dan solid untuk bergerak bersama dalam menciptakan Jakarta yang sejuk, aman dan damai,” tutup Hendro. (*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *