Melalui Agenda Reses Hj.Umil Ajak Masyarakat Desa Taman Sari Menjaga Kerukunan


Hi.Umil Sulistiyoningsih.S.Ag.

Anggota DPRD Fraksi PPP

Probolinggo,Forumnusantaranews.com – Mendengar dan menampung aspirasi dari masyarakat merupakan komitmen yang senantiasa dijalankan oleh anggota legislative utamanya masyarakat yang berada di Daerah Pemilihannya (Dapil).

Hal ini juga menjdi atensi yang selalu dilaksanakan oleh Hj Umil Sulistyoningsih S.Ag, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan duduk di Komisi C. Melalui agenda reses masa sidang tahun 2021 ini, perempuan yang akrab disapa Umil ini berkesempatan menggalang silaturahmi dengan sejumlah warga di beberapa desa yang berada lingkup dapil 1 (Kecamatan Dringu, Gending, Pajarakan dan Krejengan).

Seperti yang terpantau saat istri Drs H. As’ad Anshari ini berkunjung ke Desa Taman Sari Kecamatan Dringu kabupaten Probolinggo, Kamis (4/2). “Sudah menjadi kewajiban bagi wakil rakyat (legislatif) untuk melakukan kunjungan yang bermakna mendengar dan menampung aspirasi dari warga. Setiap tiga bulan, anggota Dewan turun ke Dapil untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan.

Di desa ini, politisi yang sudah cukup lama berkecimpung didunia politik ini menyampaikan pemaparannya secara serius namun bernuansa santai, sehingga para undangan yang saat itu terdiri dari kader posyandu dan Penggerak PKK tingkat desa dan dibagi dalam dua sesi waktu berbeda dapat mengikuti ajang silaturahmi ini hingga usai.

“Reses masa sidang tahun ini yang juga berbarengan dengan pandemic Covid-19 harus disikapi dengan bijak. Secara aturan kami harus mengundang sebanyak 350 orang dari 4 kecamatan di dapil 1. Reses ini merupakan Jaring aspirasi masyarakat.

Tugas saya merawat, meramu dan menata warga yang ada di dapil 1. dari 57 desa dan 4 kecamatan, di kecamatan Dringu ini perolehan suara saya cukup banyak. Namun soal pilihan, mari kita komitmen untuk mendukung pilihan menurut hati nurani, jangan sampai ajang Pileg ataupun Pilkades yang sebentar lagi akan digelar tidak menimbulkan perselisihan diantara warga. Kami minta jaga kekompakan dan kerukunan, sehingga kondusifitas desa akan selalu terjaga.”Ujarnya.

Lebih lanjut Hj Umil menambahkan “Melalui ajang reses ini, saya meminta apa yang menjadi aspirasi atau isi hati dari warga dusun ini terkait kebutuhan bersama untuk disampaikan. Semua masukan bisa disampaikan termasuk menanggapi usulan masyarakat terkait kesehatan atau infrastruktur. “tambah perempuan yang saat ini duduk di komisi 3 DPRD kabupaten Probolinggo ini.

Berbagai usulan disampaikan oleh masyarakat desa ini terutama terkait kebutuhan sarana prasarana, infrastruktur utamanya berkaitan dengan fasilitas untuk meminimalisir dampak banjir yang ada di beberapa titik dusun di desa ini. Menanggap sejumlah usulan tersebut, wakil rakyat di DPRD ini berupaya akan menfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan warga, sebatas jatah anggaran yang dimiliki mencukupi. Namun jika dianggap sangat urgent dan menjadi ranah pemda baik provinsi maupun kabupaten, maka Hj Umil akan meneruskan dengan pihak-pihak terkait yang berkopeten dalam menangani permasalahan tersebut.

Kegiatan yang dibuka oleh PJ Kades Taman Sari, Drs Hermos Effendi ini berlangsung cukup familier dan terlihat keakraban yang begitu kental antara warga dengan anggota DPRD ini (Umil Sulistyoningsih) berjalan cukup lancar. Nampak hadir perwakilan Staf DPRD kabupaten Probolinggo ditengah para undangan. (Sudar-Sin)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *