Operasi Zebra 2022 Dimulai, Ini Pesan kasat Lantas Polres Pringsewu

Pringsewu, ForumNusantaraNews.com – Polres Pringsewu, Polda Lampung mengimbau masyarakat pengguna jalan berhati-hati saat berkendara dan melengkapi diri dengan dokumen kendaraan seperti STNK, SIM serta menggunakan helm.

Hal itu Disampikan Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu Khoirul Bahri usai mengikuti apel gelar pasukan dimulainya operasi zebra Krakatau 2022 di lapangan apel Mapolres setempat. Senin (3/10/22)

Dikatakan kasat Lantas, Kepolisian mulai hari ini, Senin 3 Oktober 2022 hingga Minggu 16 Oktober nanti melaksanakan operasi zebra Krakatau 2022. Operasi ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Pringsewu.

“Benar mulai hari ini operasi Zebra Krakatau 2022 secara resmi telah dimulai dan dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia,” ujar Kasat Lantas saat ditemui awak media di Mapolres setempat.

Dikatakan kasat lantas, terdapat 7 sasaran prioritas pelanggaran yang menjadi target operasi, yakni :
1. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan handphone saat berkendara.
2. Pengendara yang masih dibawah umur, berboncengan dengan sepeda motor lebih dari satu orang,
3. Pengendara yang tidak menggunakan helm SNI,
4. Pengemudi tidak menggunakan safety belt,
5. Berkendara dalam pengaruh alkohol,
6. Berkendara melawan arus lalu lintas dan
7. Berkendara melebihi batas kecepatan.

Ia juga mengatakan mekanisme penindakan dalam operasi zebra Krakatau 2022 diutamakan menggunakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Namun demikian bagi daerah yang belum memiliki sarana ETLE maka, pengendara yang terjaring melakukan pelanggaran berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan termasuk dalam 7 sasaran prioritas maka akan tetap ditindak secara tilang manual,” jelasnya.

Oleh karena itu Ia meminta masyarakat turut mendukung dan mensukseskan jalanya operasi zebra krakatau 2022 dengan disiplin dan mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Kami juga mengimbau masyarakat pengguna jalan berhati-hati saat berkendara dan melengkapi diri dengan dokumen kendaraan seperti STNK, SIM serta menggunakan helm,” imbuhnya.

Terpisah Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi saat memimpin apel gelar pasukan operasi zebra Krakatau 2022 mengatakan, tujuan digelarnya Operasi Zebra untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara serta menekan angka pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Operasi ini mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakkan hukum secara elektronik atau teguran simpatik,”ungkap Rio

Ia meminta para anggota yang terlibat dalam operasi untuk melaksanakan operasi dengan persuasif, humanis, simpatik, dan bertanggung jawab.

Selain itu, Rio juga meminta agar personel menjaga keselamatan diri dan pribadi dalam melaksanakan tugas, tetap waspada, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Berikan pelayanan terbaik pada masyarakat dan niatkan sebagai ladang amal ibadah kita kepada Allah SWT,” tandasnya.(An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *