Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa

Silahkan bisa Share di :

  1. Sumenep FN: Badan Usaha Milik Desa (BumDes) sebagai wadah untuk meningkatkan  usaha  desa guna pengelolaan potensi desa.

Hal tersebut erat hubungannya dengan aset kekayaan desa yang perlu dikembangkan sebagai nilai usaha ekonomi masyarakat di desa.

Bila nilai rata rata ekonomi masyarakat desa meningkat dalam tiap tahun tentu BumDes bisa dikategorikan sebuah badan usaha maju. Berarti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Sumenep tidak sia sia menumbuh kembangkan  bentuk organisasi usaha bagi masyarakat di desa.

Darinya, pendongkraan produktivitas ekonomi masyarakat agar bisa berjalan lancar dan sempurna perlu diadakan study banding untuk membagi pengalaman dengan BumDes lainnya yang ada di luar daerah, telah meraih suksesi usaha yang cukup optimal di desanya.

Seperti BumDes yang ada di Kab. Sumenep, tertanggal (5/10) merealisasikan study banding dengan BumDes Kerto Rahayu, Kec. Turen, Kab. Malang. Study banding yang saat itu  ditempatkan di Hotel Utami, berbuah nilai baik dalam rangka pengembangan aplikasi keilmuan peningkatan usaha dan peningkatan tarap ekonomi masyarakat desa dengan dengan bentuk metode pelatihan .

Saling tukar pengalaman, take and give sesama BumDes dan penyajian ilmu dari nara sumber cerdas,  buah  angan, bahwa kelak BumDes tersebut bakal maju. Relevansi dari tipe  pelatihan BumDes di Kab. Sumenep bercorak  bentuk study banding itu, mengacu pada pembenahan ke depan agar para pengelola BumDes di desa , termasuk kepala desa, tidak simpang siur mengelola organisasi usaha ekonomi tersebut.

Moh. Ramli, S.Sos. M.Si., Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Sumenep,  menceritakan dalam temu wawancara  dengan jelas, bahwa maksud diselenggarakannya pelatihan program pengembangan lembaga ekonomi pedesaan, sebagai kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BumDes), yaitu untuk membantu pemerintah desa dalam cara pengelolaan BumDes yang bagus.

Diri Kadis berharap, ” semoga BumDes dapat memberikan manfaat bagi pelaku ekonomi masyarakat desa dan pemerintah kab. Sumenep .” Ulas Kadis tegas.

Upaya tersebut demi nilai kesejahteraan bagi ekonomi masyarakat desa , kelak di kemudian hari , desa desa yang punya kiat dan konsisten mengelola badan usaha tersebut akan memunculkan cahaya kemajuan baru dengan nilai kiat , sukses dan sempurna membangun ekonomi di desanya. (Sim)

Silahkan bisa Share di :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *