Promosi Doktor Secara Virtual, Nurmillah Dosen FISIP UIT Raih Gelar Doktor Di UNM


Makassar, FNnews.com –
Nurmillah Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia Timur (UIT) telah meraih Gelar Doktor di Universitas Negeri Makassar (UNM), dalam bidang Ilmu Administrasi Publik dengan judul Disertasi” Pola Baru Latihan Pengembangan Kompetensi Aparatur di Pusat Latihan Pengembangan Kajian Manajemen Pemerintahan LAN-RI Makassar”. Promosi Doktor ini di Gelar secara Virtual, 9/2/2021.

Tim Penguji, Prof. Dr. Rifdan, M.Si, Prof.Dr.Darman Manda, M.Hum, Prof.Dr.Haedar Akib, M.Si Prof.Dr.H. Hamsu Abdul Gani, M.Pd, Prof. Dr. Chalid Imran Musa, M.Si, Dr.Sulaeman Fattah, S.Sos, M.Si.
Dihadapan para penguji, Nurmillah, S.Sos, M.Pd mampu mempresentasikan hasil penelitian dan memberikan jawaban baik kepada para penguji sehingga memperoleh nilai 3,91 atau predikat nilai sangat memuaskan.

Nurmillah, tercatat sebagai Mahasiswa S3 Angkatan 2016 dan menyelesaikan studinya kurang lebih 5 tahun dan tercatat sebagai Doktor di UNM 908, dan Doktor 335 bidang Ilmu Administrasi Publik
Berdasarkan hasil penelitian, Dr. Nurmillah, S.Sos, M.Pd menurutnya, Pelaksanaan Program Latihan dan Pengembangan Kompetensi Aparatur ini, merupakan rekomendasi hasil Program Pendidikan dan Latihan Pengembangan Kompetensi ASN sebelumnya dengan mengadopsi model/metode fasilitas didalamnya. Dampak ikatan yang menyertai konsepsi ini, terutama di jumpai peran “instruktur”, “metode” dan “materi” sebagai komponen program

Dalam konsep program latihan pengembangan kompetensi aparatur, Tahun ini terjadi referensi peran instruktur dalam proses pelaksanaan program, dari teaching menjadi fasilitating.
Komponen program lainnya seperti peserta, fasilitas sarana dan prasarana, anggaran dan evaluasi program tidak mengalami perubahan.

Faktor Determinan komponen program latihan pengembangan kompetensi aparatur ini menunjukkan adanya prakondisi situasi yang dapat bergulir sebagai permasalahan dan hambatan pada pelaksanaan program adalah kebutuhan widyaiswara akan Training of Facilitators (ToF).

Optimalisasi pelaksanaan program latihan pengembangan kompetensi aparatur dilakukan melalui tindaklanjut pelaksanaan program hasil analisa ini terutama didasarkan pada tidak adanya komponen program yang secara deterministik menciptakan potensi situasi yang dapat bergulir sebagai masalah dan hambatan, kata Nurmillah.

Menurut Nurmillah, sebagai saran Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Melaksanakan penguatan personil sekaitan dengan tugas dan pekerjaan dengan nuansa baru, yang hadir bersama konsep program latihan pengembangan kompetensi aparatur tahun 2019, Bekerjasama dengan pihak yang kompeten dan mendapat legitimasi regulasi Undang-undang untuk secara berkala menggelar program Training of Facilitators, guna mengantisipasi kesesuaian antara peningkatan kuota kubutuhan Widyaiswara dengan kebutuhan dengan kebutuhan ToF .

Rektor UIT Dr.Andi Maryam, S.ST, SKM, M.Kes menyampaikan Selamat dan Sukses atas Gelar Doktor yang diraih Ibu Dr.Nurmillah, S.Sos, M.Pd. Alhamdulillah ini menambah SDM berkualitas UIT, dan semoga Ilmunya bisa diabdikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan bisa melahirkan karya serta inovasi baru dalam lingkup UIT.

Promosi Doktor ini, dihadiri Rektor UIT Dr.Andi Maryam, S.ST, SKM, M.Kes, Wakil Rektor IV Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si, Dekan FISIP Dra. Nani Harlinda Nurdin, M.Si, Dekan FAI Nurmadiah, S.Pd, M. Pd, Kepala BAUK Dr. Arjang, ST, MM, Ketua Prodi MIAN Dr.Henny Zainal, S.Pd, M.Pd, Dosen UIT, Staf dan Keluarga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *